Salah satu saluran drainase yang telah banyak digunakan masyarakat adalah saluran u ditch precast. Saluran u ditch memiliki bentuk selayaknya huruf U dan ia biasanya akan diberi penutup yang dinamakan cover u ditch, penutup  u ditch ini sangat fleksibel karena ia bisa dibuka atau tutup.

Saluran drainase yang menggunakan u ditch sudah dikenal memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihan yang ia miliki diantaranya, yaitu:

  1. U ditch precast sangat praktis, material ini tinggal dipasang di area yang telah digali / diurug
  2. Pengerjaan saluran u ditch dapat terlaksana lebih cepat karena ia tinggal dipasang
  3. U ditch merupakan saluran drainase yang kuat karena terbuat dari beton bermutu
  4. Kualitas u ditch precast sudah dapat dipastikan terjamin, setiap proses produksi yang dilakukan di pabrik telah dilakukan pengujian dan standar kualitasnya terjaga.

Analisa Harga Pemasangan U Ditch

Untuk pemasangan u ditch harus dilaksanakan oleh tenaga kerja yang sudah professional bila menginginkan hasil produksi yang baik. Harga pemasangannya tergantung seberapa besar lokasi proyek drainase yang dibangun maupun alat dan bahan yang diperlukan.

Maka dari itu, anda harus tahu apa saja item pekerjaan yang diperlukan dalam mengerjakan proyek saluran drainase u ditch. Berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan:

  1. Melakukan pekerjaan galian tanah, pengurugan kembali permukaan tanah, galian, pemadatan, kemudian buang tanah sisa galian
  2. Pekerjaan pasir urug dengan t berukuran 10 cm, dan lantai kerja t berukuran 5 cm
  3. Melakukan pengadaan pemasangan saluran u ditch

Biasanya u ditch di produksi dengan ukuran panjang 120 cm pada setiap unitnya. Dengan begitu, setiap 1 m2 saluran drainase yang diperlukan adalah 1 : 1,2 = 0, 83 unit saluran u ditch. Sedangkan untuk kebutuhan cover u dith ukuran 60 cm x lebar saluran diperlukan 1 : 0,6 = 1,67 unit cover u ditch pada setiap 1 m2 saluran air.

Nah, dengan mengetahui ukuran tersebut anda akan lebih mudah mengetahui harga pemasangan u ditch tiap-tiap saluran drainase. Anda cukup mengkalikan harga satuan masing-masing item sesuai dengan kebutuhan u ditch. Jika anda hendak memasang u ditch tanpa cover, maka tinggal mengurangi hasil perhitungan harga covernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *