U ditch adalah produk saluran air yang terbuat dari beton bertulang yang dicetak menyerupai bentuk huruf U. Proses produksi dari material ini dirancang melalui proses pembesian khusus untuk kebutuhan konstruksi pratekan. Pengaplikasian produk u ditch banyak digunakan sebagai saluran irigasi maupun drainase.

Saluran beton u ditch dibuat dengan ukuran yang bervariasi tergantung kebutuhan lapangan dan elevasi saluran yang diinginkan. Karena memiliki bentuk seperti huruf U, produk saluran air u ditch dapat diberi tutup pada bagian atas. Seperti yang kita tahu perbedaan mendasar dari u ditch dibandingkan dengan produk buis beton lain karena bentuknya. Buis beton memiliki bentuk lingkaran yang tertutup secara penuh,  sedangkan u ditch 1/2 kotaknya adalah lubang

Tutup u ditch sering disebut sebagai cover u ditch, di mana ia tersedia dua tipe yaitu heavy duty dan light duty. Anda bisa memilih tutup cover ini sesuai kebutuhan karena keduanya dibedakan berdasar ketebalannya.

Sambungan yang digunakan untuk merekatkan penampang u ditch satu dengan memanfaatkan mortar. Tipe sambungannya adalah plat embeded dan but joint (plat joint). Memanfaatkan material ini mencegah terjadinya kebocoran ketika saluran u ditch telah dialiri air.

Spesifikasi & Ukuran U Ditch

Jika kali ini anda sedang membutuhkan u ditch, kami menawarkan produk tersebut dengan kualitas mutu beton K 350 dapat anda pesan langsung sesuai keinginan.

Untuk mengetahui kebutuhan u ditch pada saluran yang anda butuhkan, anda dapat mengukur diameter u ditch bagian dalam rumus: “D x t x p” / “Lebar dalam x tinggi x panjang )

Misalnya saja, saya menentukan ukuran u ditch dengan dimensi 50 x 50 x 150 cm. Maka rincian ukuran lebar diamter dalam u ditch 50 cm, tingggi bagian dalam u ditch 50 cm, dan panjang u ditch 50 cm.

Ukuran dan spesifikasi u ditch yang kami sediakan adalah berikut ini:

 

Tipe U ditch & Tutup / Cover U ditch

Dilihat dari pengaplikasiannya, u ditch diproduksi dengan beberapa tipe beton precast yang diantaranya adalah:

Light Duty

Tipe saluran ini biasa diaplikasikan untuk area yang digunakan sebagai jalan atau pijakan para pejalan kaki.

Heavy duty

Saluran air beton tipe heavy duty biasa diaplikasikan untuk area yang dilalui kendaraan atau beban berat lainnya.

Anda dapat memilih produk u ditch sesuai dengan spesifikasi kebutuhan anda.

Fungsi U Ditch

Badan standarisasi Nasional Indonesia menetapkan manfaat saluran u ditch sebagai media Penyaluran air drainase. Dengan bentuk yang ia miliki, u ditch merupakan saluran air terbuka yang dapat diaplikasikan dengan pada beragam elevasi saluran yang dibutuhkan.

Kualifikasi yang harus dipenuhi u ditch berdasarkan standar nasional Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Saluran u ditch harus dapat mengalirkan dan meresap air hujan kedalam tanah dengan volume yang cukup besar, agar tidak menimbulkan genangan air di atas permukaan.
  • Proses produksi u ditch harus memenuhi standar SNI dan tidak memiliki cacat pada bagian permukaan sehingga dapat bekerja secara optimal.
  • Proses pemasangan u ditch sebaiknya dilakukan pada permukaan tanah yang stabil.

 

Analisa Harga Satuan Pekerjaan U Ditch

Mengapa banyak orang menggunakan saluran u ditch dibandingkan buis beton lainnya? Berikut adalah keunggulan yang ia miliki dibandingkan buis beton lainnya.

  • Proses pemasangan yang mudah dan cepat.
  • Material saluran u ditch lebih kuat dan tidak mudah patah.
  • Mutu dan kualitas yang ia miliki lebih baik jika dibandingkan saluran beton yang di cor pada lokasi.

Bagaimana cara mengetahui analisa harga satuan pekerjaan dari u ditch? Jika anda hendak menghitungnya maka hal utama yang harus diperhatikan adalah item tiap pekerjaan saluran u ditch, diantaranya:

  1. Proses pengerjaan galian tanah, urugan, pemadatan galian, dan pembuangan tanah sisa galian
  2. Pengerjaan pasir urug dan lantai kerja t = 5 cm
  3. Proses pemasangan u ditch beton precast.

Biasanya produk saluran u ditch dibuat dengan panjang 120 cm untuk tiap unit, jadi jika anda hendak membuat saluran air sepanjang 1 m, dibutuhkan saluran u ditch: 1 / 1,2 = 0,83 unit.

Contohnya kita hendak mengaplikasikan u ditch dengan ukuran 60 x 60 cm, maka analisa harga satuan tiap pekerjaannya dapat diuraikan sebagai berikut:

Item Pekerjaan Volume Satuan Perhitungan Volume
Galian tanah 1,139 m3 =1,34*0,85
Pasir urug t=10 cm 0,074 m3 =0,74*0,1
Lantai kerja t=5 cm 0,037 m3 =0,74*0,05
Urugan tanah kembali 0,510 m3 =0,3*0,85*2
Buang tanah sisa galian 0,518 m3 =1,139-0,074-0,037-0,51
U Ditch 60x60x120 cm 0,833 Unit =1/1,2
Tutup U Ditch l=60 cm 1,667 Unit =1/0,6
Upah pemasangan U Ditch 1,000 m’ =1

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai apa itu u ditch saluran beton. Jika anda sedang membutuhkan produk ini, silahkan hubungi kami segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *