Beberapa tahun terakhir pemerintah banyak melakukan infrastruktur pembangunan terutama pada jalanan di Indonesia. Salah satu material yang banyak digunakan adalah produk yang sudah siap pakai, contohnya saja beton precast.

Beton pracetak atau Precast adalah beton ready to use, dimana para kontraktor tidak perlu lagi memikirkan cara produksi jenis material tersebut, beton langsung siap dipasang dan tinggal menyiapkan alat berat serta tenaga kerja profesional untuk melakukan proses instalasi.

U ditch adalah salah satu material beton Precast atau pracetak yang siap pakai dimana ia memiliki bentuk menyerupai huruf U, jenis beton precast ini dapat diberi penutup cover u ditch (plat beton). Kegunaan dari saluran u ditch adalah sebagai saluran drainase atau irigasi, ia tersedia dengan beragam ukuran yang variatif baik tinggi, lebar, atau ketebalan betonnya.

Manfaat utama yang dirasakan dari pengaplikasian beton pracetak ini adalah dapat mengatur saluran air pembuangan supaya lebih teratur sehingga tidak menimbulkan banjir. Seperti yang banyak kita lihat, saluran air dipinggir jalan banyak sekali yang semrawut / tidak rapi, apalagi didalam airnya terdapat genangan sampah plastik dan dedaunan. Berkat adanya produk u ditch, kini masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah dan cepat.

U ditch bisa diaplikasikan secara terbuka maupun tertutup. Tutup u ditch sendiri bisa di buka suatu saat untuk kemudahan dalam membersihkan dan memperbaiki saluran air. Menggunakan penutup pada u ditch mengurangi resiko sampah-sampah masuk ke dalamnya.

Pengaplikasian u ditch di Indonesia telah membantu dalam mengatasi masalah banjir yang sudah banyak terjadi. U ditch dapat menampung dan mengalirkan volume air dalam debit yang besar. Kemampuannya dalam menyerap air dari permukaan tanah juga bisa diandalkan. Dengan perencanaan pemasangan u ditch yang benar, anda bisa mengatasi segala masalah pembuangan air yang selama ini terjadi di Indonesia.

Manfaat Aplikasi U Ditch

  1. Membawa aliran air atau sarana drainase
  2. Sebagai saluran irigasi terbuka yang diletakkan pada pinggiran jalan
  3. Dapat mengalirkan atau meresap air hujan ke dalam tanah cukup cepat
  4. Memenuhi kebutuhan elevasi saluran yang diinginkan
  5. Mengatasi masalah banjir ataupun genangan air di permukaan tanah
  6. Dapat mengecek arus air yang mengalir dan mudah dibersihkan
  7. Mengoptimalkan tata guna lahan maupun mengurangi resiko kerusakan struktur tanah untuk jalan dan bangunan
  8. Memperkecil resiko datangnya penyakit yang mungkin tersebar karena jeleknya saluran air drainase (demam berdarah, influenza, disentri, diare, dlsb)

Saluran air beton Precast sekarang ini sudah banyak sekali di pasaran, hal ini mengingat berbagai keperluan drainase yang berbeda-beda setiap daerah. Saluran drainase memiliki kualitas yang berbeda terhadap tekanan volume air maupun bobot yang dapat ia pikul.

Beberapa perusahaan lokal di Indonesia telah memproduksi u ditch untuk kebutuhan konstruksi pracetak. Tapi beberapa perusahaan tersebut justru tidak memiliki konsistensi yang baik dalam menjaga kualitas mutu produknya, hampir sebagian besar produk tidak memperhitungkan beban-beban yang dapat dipikul oleh sistem saluran tersebut.

Megacon Bangun Perkasa adalah perusahaan beton precast yang siap memproduksi u ditch dengan kualitas mutu terbaik. Kami menyediakan u ditch dengan ragam spesifikasi ukuran yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *