Untuk mengetahui berbagai mesin atau aplikasi dalam dunia konstruksi maka anda harus mempelajari ilmu teknik dari prinsip fisika terlebih dahulu. Tak hanya mempelajari sekitar kebutuhan alat berat konstruksi, ilmu teknik mesin berperan banyak dalam bidang lainnya contohnya adalah pengadaan semakin sekitar kebutuhan konstruksi.

Tidak mudah dalam menyusun setiap proses konstruksi yang ada, apalagi untuk bangunan yang rumit seperti gedung bertingkat dan juga jembatan. Proyek besar dalam hal ini membutuhkan mesin berat yang lebih banyak dan rumit dalam pemeliharaannya. Salah satu mesin dan alat berat seputar konstruksi yang sangat dibutuhkan yaitu crane, crane dimanfaatkan untuk mengangkat material beton precast, seperti u ditch, box culvert, kanstin atau bahkan pipa beton yang memiliki bobot lebih.

Manfaat Yang Diperoleh Dengan Menggunakan Mesin Konstruksi Yang Tepat

Mesin ini tentu akan memberikan banyak manfaat seputar kebutuhan konstruksi di area lapangan. Ia menjadi objek alat pembantu dalam proses konstruksi bahkan dapat menghemat waktu kerja. Mesin konstruksi lebih menjamin kualitas mutu hasil kerja yang lebih rapi dan baik. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh pada biaya yang akan dikeluarkan maupun jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan.

 

Keperluan mesin konstruksi ini tidak cuma bisa dibeli, tapi anda bisa menyewanya sehingga biaya yang dikeluarkan lebih murah. Kontraktor bisa mengerjakan segala kebutuhan konstruksi bangunan dengan budget minim namun hasil kerja yang diperoleh optimal.

Daftar Mesin Untuk Kebutuhan Konstruksi

Jumlah mesin-mesin yang ada dalam konstruksi bangunan cukup banyak. Macam-macam nya bisa dibedakan sesuai dengan kebutuhan pengerjaan konstruksi tersebut. Kontraktor juga sering menyebutnya dengan heavy equipment yakni alat penggali tanah dan konsul yang digunakan sejak awal proyek dikerjakan.

Ada pula jenis mesin konstruksi yang digunakan dalam pekerjaan pondasi, alat berat untuk pemadatan tanah, alat-alat pencampur, dan material penuangan adukan beton. Berikut adalah daftar alat berat yang biasanya dibutuhkan dalam dunia konstruksi pada saat mengerjakan proyek besar.

  1. Daftar alat berat untuk proses penggalian: black hoe, power shovel, clemshell, excavator
  2. Daftar alat berat untuk proses perataan tanah: scraper, motor grader
  3. Daftar alat berat untuk proses penggusuran: bulldozer, loader, scraper
  4. Daftar alat berat untuk proses pemadatan tanah: sheep foot roller, segmen ted roller, tire roller, vibrating compec, tandem roller, dan three w roller
  5. Daftar alat berat untuk proses pengangkutan: cump truck, crane on track, trailer, flat bed, dll

 

Selain daftar alat berat diatas, mesin pompa air dan kompresor juga merupakan alat penting yang dibutuhkan untuk proses pembangunan konstruksi. Bahkan peralatan yang biasanya dikerjakan oleh tenaga manusia seperti: alat bor, pick and breakers, gerinda, dan lain sebagainya juga tidak pernah absen untuk kebutuhan ini.

Tentu saja semua alat berat dan mesin yang ada diatas memiliki peran yang berbeda-beda. Masih banyak jenis alat berat lainnya yang belum saya sebutkan diatas. Kebutuhan mesin dan alat-alat akan disesuaikan dengan kondisi proyek dan lingkungan konstruksi bangunan yang hendak dibangun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *