Material beton adalah material konstruksi yang paling diminati untuk saat ini. Dua aspek utama yang ikut melatarbelakangi material beton hingga menjadi favorit dalam dunia konstruksi yang ada di Indonesia ini yaitu kemudahan dan kecepatan dalam proses pengerjaannya beserta banyak pekerja konstruksi yang sudah memahami proses pengerjaan dan perlakuan beton sesudah pengecoran.

Saat ini yang paling banyak diminati adalah jenis beton pracetak atau beton Precast. Proses pembuatan dari beton pracetak ini dilakukan secara fabrikasi menggunakan cetakan. Pemilihan dan cara pengolahan beton ini menggunakan pertimbangan aspek kebutuhannya di lapangan berdasarkan dari karakteristik keduanya.
Salah satu jenis beton pracetak yang saat ini juga sering digunakan untuk konstruksi jalan ataupun gorong-gorong adalah box culvert. Box culvert merupakan gorong-gorong beton yang berbentuk persegi. Pengaplikasian box culvert pracetak tentunya sangat efektif dan efisien untuk pembangunan gorong-gorong.

Cara Pemasangan Box Culvert

Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan untuk menerapkan box culvert dalam sebuah pembangunan. Tahap-tahap tersebut tergolong cukup mudah karena seperti yang anda ketahui bahwa box culvert merupakan beton pracetak yang telah dibuat langsung dari pabrik dan hanya perlu untuk proses pengangkutannya dan juga pemasangannya secara langsung tanpa mengganggu infrastruktur yang ada di sekitar pembangunan tersebut.

Metode Pelaksanaan Pengangkutan Box Culvert

Dalam hal ini ada beberapa tahap pengangkutan box culvert untuk diangkut ke tempat pelaksanaan proyek yaitu diantaranya:

  • Packing dalam proses pemuatan, penumpukan dan juga pemasangannya biasa dilakukan sesuai dengan petunjuk yang ada untuk menghindari beberapa kerusakan akibat penanganan yang tidak tepat
  • Pengangkatan ya itu loading atau unloading merupakan pengangkatan produk gunakan mobil crane dan memerlukan tali sling yang diikatkan pada lifting hole yang terdapat pada sisi box culvert.
  • Pemuatan atau penumpukan posisi produk box culvert diantara lapisan atas dan bawah yang seharusnya dibuat sejajar agar posisinya tetap rata dan untuk menghindari kerusakan antara lapisan yang satu dengan yang lainnya maka harus juga diberi balok kayu.
  • Pemuatan dalam produksi box culvert yang bisa diangkut langsung pada lokasi proyek menggunakan truk khusus.

Metode Pemasangan Box Culvert

Pada metode pemasangan selanjutnya yaitu proses pemasangan box culvert pada tempat proyek yang dapat dilihat sebagai berikut:

  • Semua produk box culvert harus sudah diperiksa dengan sangat teliti untuk melihat jika terdapat retakan-retakan ataupun kerusakan lainnya ketika bujur berada di atas galian, nantinya jika box culvert terdapat kerusakan maka harus dengan segera diganti.
  • Box culvert diangkat dan juga diletakkan sesuai dengan yang ditunjukkan pada gambar perencanaan menggunakan mobil crane.
  • Peletakan secara perlahan dia Dasar galian yang sudah diberi urugan pasir hingga sebal 10 cm dan lantai kerja yaitu setebal 5 cm.

 

Bagi yang memiliki kemiringan hingga 1/5 sampai dengan 1/10 maka agar tidak terjadi pergeseran box culvert arus Pada sambungan yang diberi angkur dari beton dan ditanam pada kedalaman minimal 50 cm di bawah sambungan.
Jika diperlukan pemotongan maka harus dikerjakan dengan sangat rapi dan juga teliti tanpa menyebabkan kerusakan pada pucuk dan lapisan ujungnya juga harus dibuat secara halus.

Dalam proses pemasangan box culvert pada tempat proyek tentunya harus ditangani oleh kontraktor yang sesuai dan juga berpengalaman dalam hal tersebut. Maka dari itu kami selaku kontraktor dan juga produsen dari box culvert pracetak ini menawarkan kepada anda jasa pemasangan box culvert dengan produk box culvert terbaik strandartnya dan harga yang sangat kompetitif. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *