Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara pemasangan u ditch pada saluran drainase. Saluran air drainase adalah area yang digunakan sebagai aliran air pembuangan dan hujan yang terbuat dari bahan beton diproduksi dengan rancangan serta kriteria yang telah ditetapkan. Tidak hanya berguna untuk mengalirkan air, tapi ia harus memiliki fungsi yang dapat meresap air hujan dengan baik.

U ditch adalah saluran drainase pracetak yang memiliki bentuk seperti huruf u. Material ini bisa diaplikasikan secara tertutup dengan mengaplikasikan cover dari u ditch. Kebanyakan u ditch diproduksi dengan ukuran 30 * 30 cm sampai 100 * 120 cm.

Pengaplikasian beton Precast u ditch ini biasanya terletak pada bangunan gudang, pabrik, kantor, hotel, perumahan, dan Jalan Raya. Proses pelaksanaan pemasangan u ditch tidak membutuhkan waktu lama karena material u ditch dibuat langsung dari pabrik dan siap untuk dipasang.

Metode Pemasangan Saluran U Ditch (Buis Beton)

Pada pelaksanaan pemasangan saluran u ditch harus dilakukan oleh tenaga profesional yang ahli dalam bidang tersebut, karena pemasangan saluran u ditch yang tidak tepat dapat berpotensi terjadinya penyumbatan saluran air, maka tak heran sekalipun Anda mengaplikasikan saluran u ditch tetap saja terjadi banjir atau genangan air di atas permukaan tanah.

Maka dari itu kami akan membagikan informasi seputar cara pemasangan saluran u ditch yang benar sesuai standar nasional Indonesia.

Ada 4 metode pelaksanaan yang harus dilakukan dalam pekerjaan konstruksi saluran air u ditch. Beberapa tahapan tersebut meliputi persiapan, penggalian, pemasangan, pengurukan, dan pemadatan yang akan kami jelaskan secara rinci berikut ini:

Metode Persiapan Pemasangan U Ditch

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah survey lokasi yang hendak dipasang saluran air u ditch tersebut, dengan begini anda bisa mempersiapkan gambar perencanaan dan melakukan pengukuran awal. Ada 2 pengukuran yang harus anda lakukan, yaitu pengukuran longitudinal untuk mencari proses saluran dan batas pembebasan, sementara pengukuran cross section untuk mencari elevasi saluran air.

Survey lokasi bertujuan untuk mengetahui kondisi tanah sekitar dan apakah terdapat saluran lain dengan fungsi sejenis, sehingga nanti dapat diterapkan saluran air bersusun.

Anda harus mengetahui bagaimana kondisi lokasi yang hendak dipasang saluran air, selain mempersiapkan lahan kalian perhatikan juga tata letak material, peralatan, ruang istirahat para pekerja, karena dalam proses pemasangan hal tersebut dapat menghabiskan ruang jalan. Sebelum melakukan pemasangan, Anda harus melakukan pengaturan jalur lalu lintas agar tidak mengganggu pekerjaan pemasangan saluran. Area pekerjaan dapat dibatasi dengan cone dengan perhitungan panjang area mempertimbangkan transisi area stabilisasi pekerja.

Tahap Penggalian Area Saluran Air

Proses penggalian dapat anda lakukan setelah mengukur dan membuat gambar shop drawing perancangan. Dalam proses penggalian, Anda membutuhkan alat berat dengan sistem trimming slope bantuan ekskavator untuk membuat urukan galian tanah. Anda harus memastikan bahwa kemiringan lahan telah disesuaikan dengan elevasi cross section yang telah dibuat. Kesalahan dalam proses penggalian dapat menimbulkan genangan air pada saluran karenaia tidak bisa mengalir dengan baik, lama kelamaan sampah yang jatuh pada saluran tersebut akan menumpuk dan menyumbat saluran air.

Penggalian awal harus mempertimbangkan pengurukan sirtu di bawah saluran karena ia bertujuan sebagai penstabil tanah. Jika sedang melakukan proses penggalian, langkah selanjutnya adalah membuat lining agar tanah dibawa tidak longsor dan menutup kembali area galian sehingga elevasi sesuai perancanaan yang telah dibuat. Banyak orang yang telah melakukan galian langsung memasang saluran u ditch sehingga tanah bekas galian di pinggir jalan jatuh kembali ke dalam galian.

Ukuran galian yang dibuat harus menyesuaikan dengan ketebalan dari u ditch beton. Misalnya saja Anda akan menggunakan u ditch dengan ukuran 30 * 30 * 120 dengan ketebalannya 5 cm maka anda bisa membuat galian:

  • Kedalaman 30 + 5 = 35 cm
  • Lebar 5 + 30 + 5 = 40 cm

Selain itu Anda harus menambahkan ukuran lebar galian  sesuai dengan ujung alat berat untuk mempermudah proses pemasangan. Jika galian telah dibuat Anda bisa melakukan tahap berikutnya yaitu pemadatan.

Proses Pemasangan U ditch

Proses pemasangan u ditch bisa dilakukan dengan cara manual, menggunakan ekskavator, atau menggunakan crane, hal ini dapat anda selesaikan berdasarkan berat dari u ditch tersebut. Pemasangan saluran u ditch perlu diperhatikan dengan benar. Pertemuan antar beton harus disambung dengan pengelasan plat, kemudian nat nya dilakukan sambungan dengan semen.

Jika saluran trase terlalu panjang Anda bisa membaginya menjadi beberapa titik pekerjaan sebagai acuan dasar elevasi. Tujuannya adalah untuk mendapatkan elevasi sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat.

Tahap Pengurukan & Pemadatan Area Kerja Saluran

Jika saluran u ditch telah terpasang, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah melakukan pengurukan kembali bagian samping kanan maupun kiri saluran agar ia tidak dapat bergeser. Anda harus memperhatikan kondisi dari saluran u ditch agar ia tidak bergeser ketika terdorong oleh gaya dari benda urukan dan pemadatan. Jika sudah, anda dapat memasang caping beam dari beton agar saluran tidak bisa bergerak ke kiri dan kanan. Jangan lupa untuk membersihkan area pmasangan saluran dari bekas tanah galian maupun material peralatan.

Di atas adalah beberapa langkah yang harus dilakukan dalam pemasangan saluran u ditch yang benar. Untuk menghindari naik turunnya elevasi saluran perlu dipertimbangkan area yang sering menghasilkan sampah, untuk saluran terbuka Anda bisa menggunakan cover U ditch agar ia menjadi saluran tertutup. Mengaplikasikan cover U ditch dapat resiko masuknya sampah ke dalam saluran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sebelum Pergi, Dapatkan Voucher Produk Beton Megacon Senilai:
Rp 1.000.000
Masukkan Email & Nama Anda untuk
"Voucher Rp 1.000.000 Megacon"
(Info Voucher akan Kami Emailkan ke Anda)
Berikut Ini Voucher Megacon Anda
"DISC1JUTA"
*Berlaku untuk pembelian item senilai lebih dari Rp 5.000.000 melalui situs resmi Megacon
Tutup