Banyak kita lihat beberapa daerah atau perumahan masih banyak yang menggunakan turap batu kali sebagai saluran drainase air mereka. Padahal turap batu kali memiliki banyak sekali kelemahan bila dibandingkan dengan saluran drainase u ditch. Selain proses pekerjaan yang membutuhkan waktu lama, kemampuan yang dimiliki turap batu kali dalam mengalirkan air cukup lamban sehingga berdampak banjir dan genangan air pada permukaan tanah.

Permasalahan seperti banjir dan genangan air pada permukaan tanah yang tak kunjung selesai ini seharusnya dilakukan pembaharuan pada elevasi saluran. Saluran u ditch adalah drainase terbaik yang sebaiknya diaplikasikan pada area tersebut karea kemampuannya dalam meresap dan mengalirkan air sudah tidak diragukan. Banyak kelebihan yang dimiliki oleh u ditch, salah satunya adalah proses pemasangannya yang cepat dan material kokoh.

Mengerjakan saluran air tidak lagi membutuhkan waktu lama, karena saluran u ditch siap pasang, sehingga pekerjaan saluran tidak akan mengakibatkan kemacetan. Karena kualitas yang dimiliki u ditch adalah mutu beton K 350, jangka waktu umur penggunaannya bisa berpuluhan tahun. Maka dari itu anda harus tentukan dahulu volume aliran air yang akan melewati u ditch tersebut agar dapat bekerja optimal.

Manfaat  U Ditch

Megacon Bangun Perkasa adalah perusahaan beton precast yang siap memenuhi kebutuhan produk u ditch anda baik yang berada di Jabodetabek dan sekitarnya. Kualitas mutu beton u ditch kami telah berseritifkasi ISO sehingga terjamin kekuatannya.

Harga u ditch yang kami tawarkan relatif murah dibandingkan dengan kualitas yang ia miliki. Karena proses pemasangannya mudah, anda tidak akan menghabiskan banyak budget karena tidak membutuhkan tenaga kerja maupun alat berat yang banyak.

Kegunaan dan fungsi utama u ditch secara umum adalah sebagai saluran air maupun irigasi. Ia dapat diaplikasikan pada pinggiran jalan, perumahan, maupun daerah yang sering rawan banjir. Karena dimensi bentuk yang dia miliki berbentuk huruf U, anda bisa menggunakannya sebagai saluran terbuka maupun tertutup dengan mengaplikasikan cover u ditch yang dijual terpisah.

Pengaplikasian yang seperti itu dapat memudahkan anda ketika mengecek arus aliran air, membersihkan saluran, atau memperbaiki bagian yang rusak. U Ditch membuat saluran air dipinggiran jalan terlihat rapi dan bebas dari sampah-sampah.

RAB Pemasangan U Ditch

Rancangan anggaran biaya yang dibutuhkan dalam pemasangan u ditch dapat anda hitung sendiri setelah mengetahui luas saluran yang hendak di pasang. RAB dalam pemasangan u ditch meliputi upah pkerja, bahan yang dibutuhkan, alat kontruksi, dan produk u ditch beserta covernya.

Langkah awal dalam perancangan RAB u ditch adalah menguraikan tiap item pekerjaan.

  1. Pekerjaan tanah
  2. Pekerjaan pasir urug
  3. Pekerjaan pemasangan u ditch

Jika anda memilih produk u ditch dengan ukuran 120 cm maka anda membutuhkan 0,83 produk u ditch untuk memenuhi saluran sepanjang 1 meter. Karena perhitungannya adalah 1 meter : 120 cm = 0.83.

Untuk galian tanah, sebaiknya anda menambahkan 15 cm dari dasar u ditch untuk menutupi material ini dengan pasir urug. Sementara lebar galian, anda harus mengurug sekitar 2 x dari lebar u ditch yang hendak dipasang, jadi proses pemasangan dapat dilakukan dengan mudah dan rapi.

Analisan Harga Pemasangan Saluran U Ditch

  • Galian tanah 1,139 m3, perhitungan volume 1,34 * 0,85
  • Pasir urug dengan tinggi 10 cm, perhitungan volume 0,074 m3 = 0,74 * 0,1
  • Lantai kerja dengan tinggi 5 cm, perhitungan volume 0,037 m3 = 0,74 * 0,05
  • Urugan tanah kembali, perhitungan volume 0,510 m3 = 0,3 * 0,85 * 2
  • Buang tanah sisa galian, perhitungan volume 0,518 m3 = 1,139 – 0,074 – 0,037 – 0,51

Untuk mengetahui berapa budget RAB dalam pemasangan u ditch, anda dapat menghubungi kontak yang telah disediakan. Kami akan membantu anda dalam perhitungan kebutuhan u ditch serta total harga u ditch dalam pemasangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *