Beton adalah material konstruksi yang sangat penting dalam pembangunan. Tak heran jika saat ini sudah banyak perusahaan beton memproduksi material material beton dengan cara konvensional hingga pracetak. Beton konvensional adalah material konstruksi yang dibuat langsung pada wilayah proyek, sedangkan pracetak (precast) adalah material konstruksi yang dibuat langsung dari pabrik.

Kedua jenis cara produksi beton ini mempengaruhi kualitas yang dihasilkan, beton pracetak memiliki keunggulan mutu beton yang lebih terjamin karena ia dalam proses produksi dipantau langsung oleh tenaga profesional dari pabrik dan dicetak dengan mesin terbaik. Dengan material yang telah diproduksi pada area pabrik, hal ini menjadikan pengaplikasian beton pracetak lebih hemat waktu dan efisien karena ia langsung siap untuk dipasang. Beton pracetak dibuat dengan mengikuti standar yang telah ditentukan oleh SNI dan ISO sehingga kualitasnya terjaga, dan mutu beton yang dihasilkan kuat.

Salah satu produk beton pracetak yang banyak digunakan untuk konstruksi Pembangunan Daerah adalah U ditch. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang alternatif dan dampak negatif dari U ditch.

Spesifikasi Teknis U Ditch

Beberapa daerah di Indonesia ternyata masih menggunakan turap batu kali sebagai sarana saluran air mereka. Tapi pemerintah sendiri telah menyarankan agar segera melakukan pembaruan saluran tersebut dengan produk U ditch beton. Banyak kekurangan yang dimiliki oleh turap batu kali sebagai saluran drainase, terutama jika sedang cuaca hujan terus menerus terjadi.

Kita tahu bahwa di Indonesia fenomena alam banjir sudah menjadi langganan. U ditch adalah material untuk saluran air yang memiliki bentuk seperti huruf u dengan panjang 1 sampai 1,2 meter. Melakukan pembaruan saluran air menggunakan U ditch, tidak lama kan waktu kerja yang lama karena produk beton sudah siap dipasang pada tempat konstruksi dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan tidaklah banyak.

Produk U ditch mempunyai tulangan besi yang kuat sehingga ia dapat bertahan di Segala perubahan cuaca maupun tekanan volume debit air ketika hujan deras terjadi, kemampuannya dalam menyerap air hujan di permukaan tanah sangat bisa diandalkan untuk meminimalisir resiko terjadinya banjir. Mengaplikasikan produk U ditch sebagai saluran membuat penataan drainase di jalan maupun area penduduk tampak rapi dan bersih. Harga dari U ditch relatif murah, mengingat dengan kualitas dan ukuran yang ditawarkan.

Kelebihan & Keunggulan U ditch Pracetak

Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh produk u ditch, berikut adalah keunggulan yang dia milki dibandingkan dengan produk turap batu kali.

  • Saluran u ditch dibuat langsung dari area pabrik dengan memiliki kualitas mutu beton K 350 ke atas (fcā€™ 30,33 MPa), jadi umur pemakaiannya bisa lebih tahan lama
  • Produk beton u ditch tersedia dengan beragam dimensi ukuran, sehingga anda bisa menyesuaikan kebutuhan elevasi saluran air dan tidak memakan banyak tempat
  • Proses pemasangan u ditch sebagai saluran air tidak membutuhkan waktu lama, tenaga kerja dan alat berat yang dibutuhkan minimalisir jadi anggaran biaya untuk pemasangan juga lebih murah.
  • Pembuatan lebar galian saat pemasangan u ditch tidak terlalu besar, jadi proses pemasangan saluran u ditch tidak akan menganggu aktivitas disekitar area proyek.
  • Pemanfaatan saluran u ditch sangat cepat, setelah pemasangan selesai saluran ini dapat langsung dilalui air
  • Produk u ditch dapat diaplikasikan secara tertutup menggunakan cover u ditch sehingga area permukaannya bisa dijadikan jalan setapak lalu lintas.

Walaupun ia memiliki, ternyata produk U ditch juga memiliki dampak negatif atau kekurangan yang harus anda ketahui. Berikut adalah keterbatasan dari produk ini:

  • Pengaplikasiannya tidak cocok untuk area yang kecil karena harganya tidak cukup ekonomis untuk tipe yang jumlahnya sedikit.
  • Proses pemasangan membutuhkan ketelitian yang tinggi supaya tidak terjadi kesalahan deviasi antara elemen satu dengan yang lain, jika salah memasang produk U ditch tidak akan bekerja secara optimal.
  • Dimensi ukuran dari U ditch pracetak terbatas, jadi anda harus menyesuaikan dengan ukuran yang disediakan pabrik dan kapasitas alat angkut.
  • Proses pemasangan hanya dapat dilakukan pada daerah yang menyediakan peralatan untuk erection dan handling.

Kami merupakan perusahaan beton yang siap memproduksi U ditch pracetak untuk memenuhi kebutuhan anda. Produk U ditch yang kami tawarkan memiliki kualitas mutu beton terbaik yang telah bersertifikasi ISO. Kami dapat memenuhi kebutuhan beton untuk proyek yang berada di daerah Jabodetabek maupun sekitarnya. Untuk mengetahui spesifikasi ukuran produk U ditch yang kami tawarkan, anda bisa menghubungi kami atau melihat artikel produk U ditch lainnya.

Sekian informasi yang dapat kami jabarkan mengenai alternatif dan dampak negatif dari pengaplikasian produk U ditch dalam dunia konstruksi. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk U ditch sendiri, kini Anda dapat mempertimbangkan apakah produk ini cocok diaplikasikan pada proyek yang Anda kerjakan. Semua kebutuhan saluran drainase disesuaikan dengan kondisi area proyek dan pembangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *