Pernakah Anda membayangkan bagaimanakah cara agar dapat sebuah bangunan kokoh yang dapat berdiri tegak selama bertahun-tahun. Jika Anda belum mengetahui apa rahasianya silahkan simak ulasan berikut ini. Sebuah bangunan dapat berdiri tegak selama bertahun-tahun karena adanya pondasi. Nah, tentunya bangunan tersebut mempunyai beban yang sangat berat karena dibangun dengan puluhan lantai sehingga harus dapat ditopang dengan baik oleh pondasi bangunan. Pondasi tersebut haruslah kuat agar bangunannya juga kuat, maka solusinya adalah dengan menggunakan pondasi tiang pancang.

Tiang pancang yakni tiang yang tergolong ke dalam bagian dari konstruksi pondasi bangunan, pada umumnya diaplikasikan agar dapat membantu mengurangi tekanan dari bangunan beserta seluruh isinya terutama jika tinggi bangunan lebih dari 3 lantai ata mungkin lebih tinggi lagi. Tiang pancang sering dikenal dengan istilah paku bumi. Tiang pancang beton merupakan tiang pancang yang terbuat dari beton yang keras.

Dengan adanya tiang pancang, maka masyarakat menggunakannya sebagai pondasi sebuah bangunan agar bangunan tersebut dapat berdiri kokoh selama bertahun-tahun. Tiang pancang digunakan untuk bangunan-bangunan bertingkat contohnya landasan bandara, jembatan, dan bangunan yang berada diatas tanah dengan kekuatan yang bertumpu pada dasar tanah.

Biasanya cara pemasangan pondasi tiang pancang dilaksanakan dengan menggunakan alat yang bernama Hammer diesel. Alat tersebut merupakan alat semacam palu atau martil yang digerakkan memakai tenaga diesel. Cara kerjanya yaitu alat ini akan melakukan pemukulan terhadap tiang pancang selama beberapa kali sampai tiang pancang tertancap sempurna hingga ke dalam lapisan tanah yang keras. Proses ini menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan sekitar karena menyebabkan getaran suara yang berisik.

Tiang pancang sangatlah dibutuhkan untuk hal-hal yang berhubungan dengan pembangunan.  Dikarenakan semua bangunan yang ada di bumi ini harus berpijak dengan kuat sehingga bangunan dapat berdiri dengan tegak tanpa bangunan akan roboh terkena bencana alam.

Jika Anda membutuhkan tiang pancang segera hubungi kami. Karena kami merupakan perusahaan penyedia tiang pancang dengan kualitas yang tinggi dan harga yang terjangkau.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari tiang pancang yang perlu Anda ketahui :

 

  1.  Jika bangunan Anda terdapat diatas air atau tanah lunak maka Anda harus menggunakan tiang ini untuk meneruskan beban bangunan ke tanah pendukung yang kuat
  2.  Pondasi bangunan mampu memberikan dukungan yang cukup untuk meneruskan beban ke tanah yang relatif kuat sampai kedalaman tertentu agar dapat membantu beban tersebut oleh gesekan sisi tiang dengan tanah di sekitarnya
  3. Menopang bangunan dari akibat tekanan hidrostatis (momen penggulingan) yang dipengaruhi oleh gaya angkat ke atas
  4. Menahan gaya-gaya horizontal yang sangat dipengaruhi oleh gaya angkat ke atas
  5. Memadatkan tanah pasir supaya kapasitas dukungan tanah tersebut bertambah kuat
  6. Bagi bangunan yang tanahnya mudah tergerus air maka haruslah menggunakan pondasi tiang ini agar dapat menahan erosi
  7. Menyalurkan melalui sumbu tiang pancang ke lapisan tanah di bawahnya yang berfungsi untuk menahan gaya tegak lurus dari atas
  8. Jika Anda mempunyai bangunan yang rawan terhadap gempa bumi dan angin kencang, maka Anda harus menggunakan pondasi ini agar dapat menahan gaya lateral di bangunan yang arahnya sulit untuk ditentukan
  9. Untuk membantu menahan bangunan dari berbagai kemungkinan terjadinya erosi

Selain mengetahui fungsi yang digunakan teknik sipil pada tiang pancang, Anda juga harus mengetahui cara pembuatan tiang pancang agar Anda dapat mengetahui lebih lengkap tentang produk ini.

Berdasarkan cara pembuatannya tiang pancang beton dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

1 Cast in place (tiang beton cor di tempat atau pondasi tiang bor)

2 Precast pile (tiang beton dibuat di tempat lain atau dibuat di pabrik)

 

Jenis-Jenis Alat Pancang

Fungsi dari alat pancang yakni agar memberikan energi yang dibutuhkan untuk memasukkan tiang sampai kedalaman yang di inginkan. Alat pancang didesain dengan beberapa tipe dan ukuran atau kapasitas yang berbeda.

Beberapa tipe tersebut adalah:

  1. Free drop hammer adalah palu berat yang di terletak di ketinggian tertentu dan di lepaskan sehingga dapat memukul ke bawah dengan kekuatan tertentu supaya tiang pancang masuk ke dalam tanah.
  1. Diesel hammer adalah alat yang paling sederhana di dalam pengoperasian energi. Alat ini didapat dari berat ram yang menekan udara di dalam silinder.
  1. Vibrator pile driving adalah alat yang berkerja dengan cara bergetar menggetarkan tiang pancang supaya bisa masuk ke dalam tanah. Alat ini dinilai kurang cocok untuk tanah yang kondisinya keras dan cocok untuk tanah dalam kondisi lembab.

 

Harga Dan Ukuran Tiang Pancang

Kami menyediakan berbagai ukuran dan tipe yang panjang seperti segi empat dengan ukuran 20cm x 20cm, 25cm x 25cm  dan segitiga dengan ukuran 28cm x 28cm, 32cm x 32cm yang menggunakan beton K 450. Tipe prestressed segiempat dengan ukuran 20cm x 20cm, 25cm x 25cm dan segitiga dengan ukuran 28cm x 28cm, 32cm x 32cm yang diproduksi menggunakan beton K 500 juga tersedia di kami. Tiang pancang yang kami produksi terbuat dari beton ready mix terpercaya di Indonesia sebagai solusi kebutuhan pembangunan proyek anda.

Dibawah ini adalah harga dari tiang pancang beton yang kami tawarkan yaitu :

  • I. Segi empat berukuran 20 x 20 cm, 25 x 25 cm dan
  • II. Segitiga berukuran 28 x 28 cm & 32 x 32 cm
  • III. Tiang pancang prestressed segi empat berukuran 25cm x 25cm, 20cm x 20cm
  • IV. TP prestressed segitiga berukuran 28cm x 28cm, 32cm x 32cm

 

Apabila Anda sedang membutuhkan tiang pancang dengan kualitas dan mutu yang terjamin serta harga yang terjangkau maka Anda dapat menghubungi kami. Kami adalah perusahaan supplier dan distributor tiang pancang terbesar dan terlengkap yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun. Banyak dari masyarakat yang sudah mempercayai produk kami sebagai solusi dari pondasi bangunan mereka karena produk kami adalah yang terbaik. Maka dari itu janganlah ragu untuk memilih tiang pancang kami untuk bangunan Anda. Kami jamin Anda tidak akan menyesal.

Kami tidak hanya menyediakan produk tiang pancang saja tetapi kami juga menyediakan sheet pile, car stopper, tiang listrik, pipa betonBox Culvert, dan masih banyak yang lainnya. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang produk kami silahkan kunjungi website kami atau hubungi langsung kontak yang telah tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *