Pipa beton adalah salah satu material yang tersedia dalam bentuk siap pakai dan digunakan untuk membantu proses saluran air. Beton sendiri memiliki pengertian yaitu suatu material yang merupakan dasar dari kehidupan sosial modern. Memiliki karakteristik yang mempunyai tegangan hancur tekanan yang tinggi serta tegangan hancur tarik yang rendah.

Pada tahun 1801, F. Coignet menerbitkan tulisan tentang prinsip konstruksi dengan meninjau kelemahan bahan beton terhadap tariknya. Lalu pada tahun 1850, untuk pertama kalinya seseorang bernama J. L Lambot membuat kapal kecil dari bahan semen. Setelah itu J. Monir seorang ahli taman yang berasal dari Perancis, mematenkan rangka metal sebagai tulangan beton. Pada tahun 2886, Koenen yang merupakan seorang warga negara Jerman menerbitkan tulisannya tentang teori dan perancangan struktur beton.

Sifat dan karakteristik beton

  1. Beton memiliki berbagai macam sifat dan karakteristik, antara lain:
  2. Memiliki tegangan hancur tekan yang tinggi dan tegangan hancur tarik yang rendah.
  3. Semen yang dicampur dengan air menghasilkan panas yang disebut dengan hidrasi.
  4. Beton menawarkan kemampuan yang tinggi dengan harga yang terjangkau.
  5. Pada beton bertulang memanfaatkan sifat beton yang kuat untuk menerima Gaya tekan serta tulangan baja yang kuat akan menerima gaya tarik.

Teknologi Untuk Membuat Pipa Beton

Pada tahun 1984, masih belum ditemukan pabrik yang membuat pipa beton tersebut. Jadi pembuatan pipa beton hanya dengan mengandalkan tenaga manusia saja. Lalu seiring berkembangnya waktu, pada tahun 1984 sampai 1999, sudah banyak pabrik yang menyediakan pipa beton dengan menggunakan teknologi pembuatan yang berbeda. Terdapat empat teknologi yang semuanya juga berada di Indonesia seperti:

High Vibration Vertical Cast

 

 

Pipa beton dibuat dengan menggunakan mesin penetas. Terdapat inner mould dan outer mould yang merupakan tabung berbentuk vertikal sebagai alat pencetak pipa beton. Teknologi ini dikembangkan di Eropa dan sampai sekarang masih banyak negara yang menggunakannya, walaupun sebenarnya teknologi ini sudah mulai ditinggalkan.

Sentrifugal / Wet Spinning

Pipa dibuat dengan proses pemanfaatan gaya sentrifugal atau putaran tinggi. Di atas 2 pasang diletakkan sebuah mould. Lalu saat roda digetarkan dengan motor, mould tersebut juga ikut berputar. Proses putaran ini akan menghasilkan sentrifugal lebih dari 10 kali gaya gravitasi bumi. Banyak negara yang menggunakan teknologi tersebut. Contohnya saja australia, jepang, beberapa negara di Asia, dan juga di Eropa.

Roller Suspension

 

 

Teknologi ini ditemukan setelah adanya metode sentrifugal. Robert dan Clark merupakan penemu yang berasal dari Australia. Metode ini memiliki kecepatan yang lebih rendah daripada sentrifugal. Sehingga pemadatan yang didapat berasal dari tumbukan antara bahan roller dengan beton. Teknologi ini masih digunakan beberapa negara asia, australia, cina, dan Prancis.

Packer Head

Metode ini adalah yang paling akhir ditemukan. Prinsip dari kerjanya sama dengan gabungan antara sistem vertikal cast dan putaran. Teknologi ini lebih berkembang di negara-negara eropa dan Amerika Serikat.

Fungsi pipa beton

  1. Selain fungsi utama yang menjadi saluran air. Terdapat beberapa fungsi lainnya yang dimiliki oleh pipa beton. Berikut ini beberapa fungsi dari pipa beton.
  2. Pipa beton dapat digunakan sebagai lapisan untuk sumur resapan. Yang bertujuan untuk mempermudah pengerjaan tanah dan dapat menghemat biaya pengeluaran.
  3. Pipa beton juga dapat digunakan sebagai gorong-gorong, biasanya dibuat di pinggir jalan raya. Karena pipa beton ini memiliki kelebihan yang kuat dan cara pengerjaan yang cepat, maka banyak sekali yang beralih menggunakan pipa beton daripada dicor untuk membuat gorong-gorong.

Pipa beton digunakan sebagai proses pengairan. Proses pengerjaan dari pipa beton sangatlah cepat dan murah dibanding menggunakan material saluran lain. Selain itu pipa beton ini juga lebih unggul dibanding dengan batu kali.

Itulah penjelasan terkait sejarah dari beton dan juga pipa beton yang dapat saya sampaikan. Jika anda mencari pipa beton yang berkualitas baik dengan harga murah, anda dapat memesan pipa beton di PT Megacon Bangun Perkasa. Karena kami menyediakan pipa beton yang telah ber SNI. Maka dari itu anda tidak perlu khawatir untuk memesan sekarang. Kami juga menyediakan produk lain seperti, Pagar Panel, Sheet Pile, U Ditch, Box Culvert, Beton Precast, Road Barrier, dan lain sebagainnya.

Dengan tenaga kerja profesional dan menggunakan bahan baku berkualitas. Kami memprioritaskan kepuasan pelanggan untuk hasil yang maksimal. Dapat dipastikan jika produk kami ini sangatlah kuat, tokoh, juga tahan lama. Telah banyak klien yang menggunakan jasa kami. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kontak yang telah diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *