Perubahan manusia dari dulu sampai sekarang sangatlah pesat, manusia saat ini sudah banyak yang telah menemukan teknologi modern. Fasilitas dan juga infrastruktur juga ikut berkembang pesat sesuai dengan peradaban manusia. Saat ini manusia tidak hanya menggunakan bahan yang tersedia di alam saja namun dengan bantuan mesin modern untuk membuat infrastruktur yang lebih kompleks dari infrastruktur terdahulu. Seperti halnya pipa beton yang digunakan untuk saluran air atau drainase.

Pipa beton adalah salah satu material yang sudah tersedia dalam bentuk siap pakai yang berfungsi untuk kebutuhan saluran air. Pipa ini adalah salah satu material modern untuk proses pembuatan saluran air. Tingkat pembangunannya mulai dari rumah, sumur, hingga jalan tergantung sesuai dengan kebutuhan. Pipa beton ini juga memiliki beberapa fungsi yang berbeda-beda. Walaupun begitu prinsip utama dari pipa beton ini sendiri adalah sebagai tempat saluran air baik dari air yang masuk maupun air yang keluar.

Teknologi Pembuatan Pipa Beton

Saat sebelum tahun 1984, di Indonesia masih belum ada pabrik yang membuat pipa beton. Yang ada hanyalah pipa beton dibuat dengan cara manual yang mencampurkan semen dengan pasir pada dua buah cetakan berbentuk lingkaran luar dan dalam. Pemadatan adukan hanya mengandalkan tenaga manusia saja. Lalu pada tahun 1984 sampai dengan 1999, baru terdapat pabrik-pabrik beton dengan menggunakan teknologi pembuatan yang berbeda-beda. Terdapat 4 teknologi dan semuanya berada di Indonesia.

High Vibration Vertical Cast

Pipa beton dibuat menggunakan mesin penggetar. Cetakan mesin ini terdiri dari inner mould dan outer mould yang berupa tabung vertikal. Pemadatan beton diperoleh dari 3 buah vibrator dengan frekuensi tinggi yang dipasang secara eksentrik pada inner mould. Hingga saat ini teknologi high vibration vertical cast dikembangkan di Eropa dan masih digunakan di beberapa negara, walaupun sudah mulai ditinggalkan.

Sentrifugal / Wet Spinning

Pipa beton dibuat dengan cara memanfaatkan gaya sentrifugal atau biasa disebut putaran tinggi. Sebuah mould diletakkan di atas 2 pasang roda besi. Lalu roda besi itu akan digerakkan dengan motor sehingga molekul tersebut akan ikut berputar dengan kecepatan yang dapat diatur. Putaran ini biasanya akan menghasilkan gaya putaran atau gaya sentrifugal lebih dari 10 kali gaya gravitasi bumi.

Gaya sentrifugal lah yang dimanfaatkan untuk memadatkan pipa beton. Posisi mould bukan vertikal melainkan horizontal. Teknologi ini ditemukan oleh seseorang bernama homes yang berasal dari Australia, ditemukan teknologi ini kira-kira satu abad yang lalu. Teknologi ini sering digunakan di Australia, jepang, beberapa negara Asia dan Eropa sampai saat ini.

Roller Suspension

Teknologi ini telah ditemukan beberapa tahun setelah adanya metode sentrifugal. Penemu dari teknologi roller suspension yaitu Robert dan Clark yang merupakan orang Australia juga. Cara kerja teknologi ini hampir sama dengan sentrifugal, metode ini juga dengan memutar mould. Namun Perbedaannya terletak pada cetakan yang tidak ditaruh di atas roda besi namun digantung oleh batang roller.

Batang roller akan berputar sehingga mould juga ikut berputar. Karena kecepatan putaran dari metode ini tidak sekencang dengan metode sentrifugasi, maka padatan yang didapat adalah dari tumbukan antar batang roller dengan beton itu sendiri. Gaya ini hanya 2 sampai 4 kali gaya gravitasi bumi yang hanya menjamin beton tidak jatuh pada saat dicetak. Teknologi ini masih digunakan di Australia, prancis, cina, dan beberapa negara di Asia.

Packer Head

Metode packer head adalah metode gabungan dari sistem vertikal cast dan juga sentrifugal yang merupakan metode paling akhir ditemukan. Posisi mould merupakan vertikal, namun tidak ada mould bagian dalamnya yang ada hanya mould bagian luar. Batang roller dengan ujungnya berupa pasangan roda roda besi yang akan berputar dengan kencang dan bergerak dari bawah ke atas sehingga dinding pipa akan padat oleh gaya press dari ujung roller tersebut. Dalam proses pengoperasiannya mesin ini lebih dikontrol dengan otomatis, sehingga membutuhkan tenaga kerja yang sedikit. Teknologi ini lebih berkembang di negara-negara eropa dan juga Amerika Serikat.

Jika anda membutuhkan distributor pipa beton dengan kualitas terbaik dan jasa pemasangan dengan tenaga yang professional, anda dapat memnghubungi PT Megacon Bangun Perkasa. Kami merupakan perusahaan distributor dan supplier pipa beton, Box culvert terbaik di Indonesia. Selain itu kami juga menyediakan U Ditch, Sheet pile, dan berbagai material konstruksi lainnya. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami di kontak yang telah tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *