Pemanfaatan kanstin di jalan sebagai paving block sudah bukan hal asing lagi. Bahkan hampir semua jalanan di Indonesia telah memanfaatkan kanstin sebagai tepi badan jalan agar lebih rapi dan aman.

Tidak hanya digunakan untuk pembangunan jalan, kanstin juga bisa dimanfaatkan di area lingkungan sekolah, bangunan gedung, alun-alun, taman kota dan lain sebagainya. Memanfaatkan jalan dengan paving block memberikan keunggulan dalam pengerjaan yang cepat, jalan tidak licin, dan dapat menyerap air dengan sempurna.

Kanstin memiliki 2 jenis berdasarkan proses produksinya, yakni: cetak basah dan cetak kering. Kedua jenis kanstin ini memiliki perbedaan yang tampak dari hasil produksi. Kanstin yang dicetak dengan proses basah memiliki permukaan yang halus rapi, sementara cetak kering permukaannya lebih berpori. Tapi bila dilihat dari segi kekuatannya, kedua jenis kanstin ini sama.

 

 

Kanstin terdiri dari berbagai ukuran dan tipe yang dapat anda pesan sesuai kebutuhan. Bentuk-bentuk kanstin yang dijual oleh PT. Megacon Bangun Perkasa adalah kanstin taman, kanstin trotoar, kanstin S, kanstin car stopper, kanstin lubang air, kanstin jepit, dan kanstin DKI. Sementara ukuran kanstin beton tersedia dari dimensi 40 cm sampai 60 cm.

Bagaimana cara menghitung volumen kanstin beton?

 

 

Pengaplikasian kanstin pada area proyek harus disesuaikan dengan jenis yang dibutuhkan. Menggunakan kanstin yang tidak sesuai dengan kebutuhan tidak hanya kurang enak dipandang, tapi bisa berakibat bahaya tergantung pemanfaatannya.

Uraian ringkasnya, jalanan yang biasa dilewati oleh angkutan besar sebaiknya menggunakan kanstin berukuran besar pula, karena kekuatannya tentu akan berbeda dari kanstin kecil dengan kanstin besar.

Megacon Bangun Perkasa menawarkan produk kanstin beton dengan kualitas mutu terjamin. Kanstin dijual dengan harga yang variatif tergantung dari mutu kualitas beton, bentuk / ukuran, dan jumlah pembelian.

Untuk menghitung keperluan jalan paving, kita bisa menghitung kebutuhan ini sendiri dengan mudah. Misalnya: anda hendak membangun jalan dengan panjang 200 m, lebar 1,3 m, serta ditambah dengan kanstin jepit kanan kiri. Maka perhitungan kebutuhannya yaitu 1,5 m untuk paving dan yang 0,3 m untuk kanstin kanan kiri.

 

No Jenis Pekerjaan Sketsa & Perhitungan  Volume
Satuan
A Paving Block ( t = 6 Cm ), urugan 5 cm 200×1 200,00 m2
B List Batu bata 1 : 4 200×0,2×2 80,00 m2
C Plesteran List bata 1 : 4 200×0,2×2 80,00 m2
E Galian Tanah Kansteen 2x(0,15×0,2×200) 12,00 m3

 

Dengan begitu kita sudah mendapatkan rumus menghitung volume kanstin beton untuk jalan sepanjang 200 m dan lebar 1,3 m sesuai paparan diatas tadi. Jika anda masih kesulitan dalam melakukan perhitungan volume kanstin beton ini, hubungi saja kami. Anda dapat berkonsultasi langsung mengenai kebutuhan kanstin jalan dan kami senantiasa akan menghitung jumlah kebutuhan anda tersebut dengan cermat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *