Gorong-gorong beton bertulang merupakan produk beton precast yang berbentuk bulat dengan lubang dibagian dalamnya dan tersedia berbagai ukuran. Gorong-gorong beton ini sering disebut sebagai renforced concrete pipe dan dimanfaatkan untuk gorong-gorong.

Gorong-gorong beton precast dibuat langsung dari pabrik dan ada juga yang di kerjakan cor ditempat konstruksi. RCP yang dibuat di dalam pabrik, dapat di cor dengan kontrol kualitas terbaik dengan bentuk yang seperti pipa. Tapi ada juga gorong-gorong beton yang dicetak dengan bentuk persegi atau trapesium. Dimensinya berbeda-beda, tergantung dari jumlah debit air yang akan dilalui oleh pipa.

Keuntungan menggunakan gorong-gorong beton bertulang dalam area konstruksi, yaitu:

  1. Harga yang murah dibanding material konstruksi lain
  2. Proses pemasangannya yang efisien dan mudah karena tinggal pasang
  3. Durabilitas yang dimiliki beton tinggi, bisa lebih dari 25 tahun
  4. Jika gorong-gorong beton ini sudah tidak digunakan, bisa dicopot dan pasang diarea konstruksi lain

 

Perencanaan Konstruksi Gorong-gorong Beton Bertulang

 

 

Konstruksi gorong-gorong banyak dibangun ketika menjelang musim penghujan, sebab ia digunakan sebagai saluran air pembuangan. Selain digunakan untuk saluran pembuangan, gorong-gorong bisa dijadikan saluran drainase atau bahkan selokan jalan. Gorong-gorong beton cocok sekali digunakan pada saluran air bawah tanah di kota-kota besar dalam mengatasi banjir. Selain menggunakan pipa beton bertulang, biasanya saluran air bisa menggunakan u ditch dan box culvert tergantung kondisi lingkungannya.

 

Dalam proses pembuatannya, gorong-gorong beton bertulang memerlukan bahan baku berikut ini:

  1. Air
  2. Agregat pasir dan kerikil
  3. Semen
  4. Cetakan

Proses cetak gorong-gorong yang dilakukan pada wilayah pabrik beton:

  1. Mencampurkan semua bahan semen, agregat pasir, agregat kerikil dengan komposisi yang sudah ditentukan sehingga menghasilkan kekuatan beton sesuai standar. Proses pencampuran ini membutuhkan bantuan air agar dapat dipastikan tercampur maksimal.
  2. Menyiapkan cetakan RCP sesuai dengan kebutuhan, baik dimensi ataupun bentuknya. Cetakan yang digunakan terbuat dari besi yang sudah dilumuri oli bekas.
  3. Setelah campuran beton telah tercampur rata, dan cetakan sudah siap untuk dikeringkan. Setidaknya butuh waktu sekitar 5 hari untuk membuat cetakan beton kering sempurna.

 

Keunggulan RCP ini adalah pada kekuatannya dalam menahan beban dan tekanan air. Di segala wilayah konstruksi, pipa RCP ini tergolong sangat kuat dan dapat bertahan dalam waktu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *