Apakah anda sedang mencari produk beton precast? Sudah bukan rahasia lagi jika material beton yang dicetak dalam pabrik memiliki banyak kelebihan sehingga sering digunakan pada area konstruksi. Apalagi semakin lama ada banyak produk baru beton Precast yang dapat membantu pekerjaan konstruksi selesai lebih cepat dan efisien. Produk beton Precast yang akan kami bahas kali ini adalah box culvert.

 

Pengertian Box Culvert Precast

 

 

Box culvert merupakan material beton yang banyak digunakan untuk keperluan saluran air sehingga ia banyak dikenal masyarakat dengan sebutan gorong-gorong. Bentuk box culvert sendiri kotak atau persegi sesuai dengan nama yang diberikan.

Sedikit informasi tambahan saja, ternyata box culvert tidak hanya dicetak dengan bentuk persegi saja pada pabrik beton precast, ada pula pabrik beton yang memproduksi box culvert dengan bentuk bulat bahkan trapesium sesuai dengan permintaan konsumen. Untuk ukurannya, telah dicetak sesuai standar kebutuhan saluran air pada umumnya.

 

 

Bahan material penyusun box culvert terdiri dari: chlorida (PVC), baja, polyvinyl, semen, pasir, dan campuran agregat. Proses pemasangan box culvert sangat mudah dan efisien, terutama bila box culvert yang dibuat pabrik adalah pracetak sehingga tinggal dilakukan pemasangan saja pada area konstruksi.

Untuk pemasangannya sendiri box culvert telah dicetak dengan sambungan socket dan spigot yang membentuk pipa. Kedua sambungan ini memiliki sifat yang kedap air sehingga bila box culvert digunakan untuk saluran air, ia tidak akan  mengalami kebocoran.

Manfaat & Fungsi Box Culvert Pracetak

 

 

Pengaplikasian box culvert pada area konstruksi sendiri terbilang cukup banyak, hal ini tergantung bagaimana kontraktor memanfaatkan material beton sesuai dengan keperluannya. Tapi, diantara banyaknya pengaplikasian box culvert di wilayah konstruksi, berikut adalah beberapa manfaat utama dari box culvert yang perlu anda ketahui:

  1. Box culvert dapat diaplikasikan pada area konstruksi bawah tanah baik untuk gorong-gorong jembatan, terowongan, gorong-gorong kereta api dan lain sebagainya. Hanya saja, box culvert ini tidak cocok bila diaplikasikan pada konstruksi yang berukuran panjang. Ia cocok untuk jembatan pendek atau terowongan pendek.
  2. Manfaat box culvert dalam pengaplikasiannya karena ia kedap air tanah. Box culvert tidak beresiko mengalami pergeseran tanah karena kedua sambungan spigot dan socket yang dimiliki membuat box culvert satu dengan lain tetap menyatu sempurna.
  3. Pekerjaan konstruksi dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah menggunakan box culvert. Apalagi jika dibandingkan dengan proses cor manual, box culvert pracetak jauh lebih unggul dan menghemat waktu pekerjaan konstruksi.

 

Desain Jembatan Box Culvert

 

 

Dalam proses pemasangan box culvert untuk jembatan, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan melakukan perhitungan panjang dan lebar jembatan tersebut. Jembatan yang menggunakan box culvert sebaiknya berukuran pendek, karena box culvert tidak cocok untuk penggunaan jembatan panjang.

Langkah awal yaitu dengan melakukan penggalian sesuai dengan panjang dan lebar kebutuhan, kemudian hasil penggalian diberi pelapisan tanah dengan material tidak kasar untuk mengurangi resiko box culvert rusak dan tidak mengalami pergeseran tanah.

Setelah proses gali dan pelapisan selesai, barulah anda dapat memasang box culvert pada area yang sudah ditentukan dengan baris rapi setiap box nya. Anda bisa menggunakan bantuan alat berat untuk meletakkan box culvert dengan tepat sehingga posisinya lurus dengan ketinggian dan kemiringan sama antara box satu  dan lainnya.

Jika sudah terpasang, langkah terakhir adalah dengan melakukan penyambungan antar box kemudian diurug tanah kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *