Concrete pump merupakan pompa beton yang memiliki fungsi untuk mentransfer beton ke lokasi pengecoran. Jenis dari alat berat ini tentunya sangat efektif untuk membantu dan mempermudah pengerjaan konstruksi pembangunan. Ini berbentuk pepat tunggal atau sering disebut juga pompa portable apa pompa kodok. Fungsinya sangat maksimal dengan ditarik oleh kendaraan lain yakni concrete pump truck.

Pompa beton ini juga dapat berfungsi sebagai alat untuk memindahkan muatan dari satu tempat ke tempat lainnya. Ini juga biasanya bekerjasama dengan truk mixer atau truk molen. Concrete pump ini di desain khusus dan dilengkapi dengan pompa yang memiliki lengan atau biasa disebut dengan boom untuk mengalirkan dengan cara memompa campuran beton readymix ke lokasi cor yang sulit untuk dijangkau.

Mengenal Ukuran Concrete Pump

Seperti yang telah kita ketahui bahwa ada berbagai macam jenis dari concrete pump. Jenis-jenis inilah yang mempengaruhi ukuran dari concrete pump tersebut. Berikut ini masing-masing pembahasan mengenai ukuran dari concrete pump yang perlu Anda ketahui:

Concrete Pump Standar

Concrete pump jenis ini sangat sering digunakan untuk konstruksi pembangunan. Keuntungan yang dimiliki ialah tidak dibutuhkan lahan yang luas untuk mengoperasikannya. Apalagi boom atau lengan robot untuk mentransfer beton cor juga cukup panjang. Sangat memungkinkan untuk memindahkan beton cor dengan lebih efisien. Ukuran yang dimiliki oleh concrete pump ini yaitu panjang boom sekitar 18 meter hingga 21 meter, lebar kendaraan atau truk yaitu 2,8 m dengan panjangnya 8,2 m.

Mini Concrete Pump

Ukuran dari truk untuk jenis concrete pump ini sesuai dengan standar. Yang membuatnya lebih unik yaitu panjang dari boom atau lengannya. Kepanjangan dari boom mencapai 27 meter dengan lebar kendaraan atau truk ialah 2,8 dengan panjang 12 m.

Super Longboom Concrete Pump

Jika dilihat dari concrete pump sebelumnya maka super longboom concrete pump ini memiliki lengan yang lebih panjang sehingga dapat digunakan untuk lokasi konstruksi atau pada bangunan yang memiliki tinggi 5 sampai 6 lantai. Panjang dari lengannya yaitu mencapai 32 hingga 36 meter, lebar truk adalah 2,8 m dengan panjang kendaraan 12 meter.

Master Longboom Concrete Pump

Sesuai dengan namanya memiliki keunggulan dan juga keunikan dari jenis concrete pump ini yaitu lengannya yang sangat panjang jika dibandingkan dengan concrete pump jenis lainnya. Ukuran panjang dari lengan tersebut mencapai 46 m, lebar kendaraannya yaitu 2,8 m dengan panjang 12 meter.

Portable Concrete Pump

Sangat sering disebut dengan pompa kodok yang dapat mendistribusikan beton cor ke lokasi konstruksi. Panjang dari concrete pump ini dapat dijangkau untuk mentransfer beton cor yaitu dengan ukuran 500 meter secara horizontal dan mampu mencapai ketinggian lantai hingga 10 lantai pada gedung bertingkat.

Metode Kerja Concrete Pump

Anda telah mengetahui bahwa concrete pump tidak dapat dipisahkan dari mixer truck yang fungsinya yaitu untuk mengolah beton cor di dalamnya. Terdiri dari rangkaian lengan robot atau boom yang dapat memungkinkan pompa menyalurkan beton dari ketinggian atau jarak tertentu baik itu vertikal maupun horizontal untuk melakukan pengecoran yang dilakukan di lantai pada gedung yang tinggi. Panjang dari lengan ini dapat ditentukan terlebih dahulu agar dapat menjangkau lokasi yang ditentukan. Yaitu dengan cara menyambung pipa secara vertikal disesuaikan dengan panjang yang diinginkan.

Kelebihannya adalah pipa atau lengan ini dapat juga disesuaikan dengan kondisi lokasi proyek. Bahkan pipa ini juga bisa dipasang untuk kondisi proyek horizontal ataupun miring. Pergerakan dari lengan ini sendiri dapat diatur dengan remote control hingga pengoperasiannya pun lebih mudah dikendalikan oleh operator yang menjalankan.

Kenapa Menggunakan Pompa Beton?

Untuk Anda yang masih awam mungkin memiliki pertanyaan yaitu Mengapa harus menggunakan pompa beton?

Jawabannya adalah dilihat dari segi kepraktisan, hemat waktu, hemat tenaga dan masih banyak lagi yang menjadi alasan untuk menggunakan pompa beton dan tentunya menjadi solusi bagi pembangunan karena dapat menjangkau ke lokasi yang sulit, memudahkan pekerjaan dan mempercepat waktu pekerjaan. Karena juga menggunakan pompa beton dalam hal ini dapat membawa beton ke lokasi cor dengan stabil dan cepat dibandingkan dengan cara membawa adukan beton menggunakan tenaga manusia yang dapat memiliki resiko sekresi beton. Pada penggunaan concrete pump ini hal yang harus diperhatikan adalah kekentalan dari beton. Semakin adukan beton kental maka kerja pompa juga semakin berat.

Dalam menyelesaikan pekerjaan pembetonan agar lebih cepat selesai keberadaan pompa beton menjadi sangat penting. Jika pada concrete pump mengalami kendala atau kerusakan di saat pengecoran berlangsung hal tersebut dapat berdampak pada turunnya jadwal atau schedule Waktu penyelesaian suatu proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *