Dengan semakin banyaknya pembangunan di beberapa daerah, menjadikan perusahaan perusahaan konstruksi kini banyak diminati oleh para pengusaha. Tentu semakin banyaknya perusahaan di bidang konstruksi akan membantu kita dalam mengatasi berbagai kebutuhan proyek. Akan tetapi tidak semua perusahaan konstruksi ini telah terealisasi dengan sempurna karena kurangnya pengetahuan.

Di era sekarang sangat penting bagi anda untuk memilih perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dunia konstruksi yang sudah melalui proses sertifikasi ISO. Jika sudah melewati tahapan proses sertifikasi ISO maka akan diketahui kualitas produk maupun manajemen dari perusahaan tersebut apakah baik atau tidak. Tentu hal ini menjadikan Anda semakin kompeten dalam pelaksanaan proyek pembangunan.

Perlu Anda ketahui pula, bahwa PT Megacon Bangun Perkasa termasuk perusahaan konstruksi yang telah lolos proses sertifikasi ISO. Suatu produk kecantikan yang kami miliki sesuai dengan standarisasi dan sertifikasi di bidang produk beton. Baik untuk produk beton u ditch, box culvert, kanstin, pondasi tiang pancang, pagar panel beton, dan masih banyak lagi.

Seberapa penting proses sertifikasi ISO dalam manajemen konstruksi?

 

 

Konstruksi pembangunan suatu proyek merupakan salah satu dari Manufacturing. Hal ini tentu menjadikan setiap proses yang didalamnya selalu ada manajemen di setiap divisi penyelenggaraan proyek sesuai kebutuhan.

Untuk mendapat sertifikat ISO tidaklah mudah, ada banyak sekali evaluasi yang dilakukan terkait mutu kualitas produk beton yang diproduksi, diantaranya:

1. Peninjauan manajemen

Dalam tahap ini perusahaan akan dievaluasi penerapan sistem mutu yang dilakukan, apakah sudah tepat atau tidak? Bagaimana proses perusahaan tersebut memproduksi bahan konstruksi secara tepat tanpa melakukan kecurangan.

2. Peninjauan audit mutu internal

Dalam hal ini setiap audit yang ada di perusahaan akan ditinjau secara menyilang antar divisi. Proses ini dilakukan secara objektif, di mana ia dilaksanakan secara berkala dan terencana. Peninjauan audit mutu internal ini memberikan banyak manfaat untuk perusahaan sendiri, misalnya saja memberikan acuan dalam mengambil tindakan perbaikan bila terjadi sesuatu di lokasi proyek.

Untuk mendapatkan sertifikasi ISO, banyak hal yang akan dipertimbangkan, misalnya laporan penyimpanan produk, berbagai keluhan pelanggan, contoh hasil audit internal yang telah dilaksanakan sebelumnya. Semua hasil peninjauan akan menentukan apakah perusahaan tersebut layak diberikan sertifikasi ISO atau tidak.

Manfaat proses sertifikasi ISO bagi pengembangan perusahaan

 

 

Dengan memiliki sertifikat ISO, maka perusahaan akan memiliki tingkat kepercayaan konsumen yang lebih tinggi. Dengan begitu integritas perusahaan menjadi lebih baik untuk berkembang. Tak hanya sampai disitu, proses sertifikasi ISO memberikan banyak manfaat lain yakni:

  • Pemasaran produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan menjadi lebih mudah, ia bahkan dapat mengiklankan produk tersebut ke media massa karena telah memenuhi satu sikap ISO 9001:2008.
  • Produktivitas dan kualitas Manajemen perusahaan agar lebih meningkat
  • Tingkat kepercayaan konsumen lebih tinggi sehingga mereka akan lebih loyal
  • Meningkatkan kesadaran bagi perusahaan dan tim kerja terhadap pentingnya kualitas produk atau jasa yang ditawarkan

 

 

Yang perlu Anda ketahui di sini adalah proses sertifikasi ISO bukan hanya standar produk yang bermutu, tapi ia juga mencakup sistem manajemen yang dimiliki oleh perusahaan. Sertifikasi ISO melibatkan beberapa elemen penting, di antaranya pelanggan, manajemen sumber daya, dan realisasi produk. ISO ini akan diberikan oleh badan sertifikasi berupa sertifikat yang dikeluarkan khusus untuk perusahaan tersebut. Setiap kontraktor dapat mengurus proses sertifikasi ISO dengan mudah asalkan memiliki komitmen dan memenuhi syarat manajemen kualitas ISO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *