Sheet Pile

Sheet Pile atau dinding turap merupakan dinding vertikal relatif tipis yang berfungsi untuk membendung tanah dan untuk membendung masuknya air ke dalam lubang galian.

Manfaat Sheet Pile

Berikut adalah manfaat atau kegunaan dari sheet pile

  1. Dinding penahan tanah pada tebing sungai atau tebing jalan raya
  2. Penahan tebing galian pada pembuatan fondasi langsung atau fondasi menerus dan pembuatan basement
  3. Bangunan-bangunan yang berada di pelabuhan misalnya dinding dermaga dan dok kapal
  4. Bendungan elak

Sheet Pile tidak untuk membendung tanah yang sangat tinggi karena akan membutuhkan luas tampang bahan turap yang besar. Selain dari itu sheet pile juga tak sesuai dipakai untuk tanah yang mengandung banyak batuan, karena akan menyusahkan pemancangan. Jika anda ingin membeli atau butuh sheet pile, kami menawarkan produk sheet pile yang terbaik dan berkualitas, anda tidak perlu ragu untuk membelinya karena produk kami aman dan dapat di percayai.

Macam Macam Sheet Pile

Macam sheet pile bisa dibedakan berdasarkan bahan yang di gunakan. sheet pile kayu, beton bertulang, dan sheet pile baja.

Sheet Pile Kayu

Sheet pile kayu ini di gunakan untuk dinding pembendung tanah yang tidak terlalu tinggi. Karena tidak kuat membendung dengan berat lateral yang besar. Sheet pile kayu ini tidak cocok untuk diaplikasikan pada tanah yang berkerikil karena sheet pile kayu ini cenderung retak ketika dipancang. Sheet pile kayu ini di aplikasikan untuk bangunan permanen yang berada diatas muka air, karena itu perlu diberi lapisan pelindung supaya tidak gampang rapuh. Sheet pile kayu ini banyak digunakan pada pakerjaan-pekerjaan seperti untuk pembatas tebing galian.

Tiang Sheet Pile ini yang dipakai yaitu papan kayu atau sebagian papan yang digabung. Papan kayu dengan ukuran penampang 50 mm x 300 mm. Tiang wakefield dihasilkan dengan memakukan tiga papan secara bersamaan, dimana papan tengahnya dioffset sejauh 50 hingga 75 mm seperti.

Sheet Pile Beton

Sheet pile beton yaitu balok-balok beton yang sudah dicetak sebelum dipasang dengan format tertentu. Balok-balok sheet pile beton ini dihasilkan saling mengait satu sama lain. Masing-masing balok, selain dirancang untuk kuat atau tahan untuk membendung benda yang berat dan yang akan bekerja pada waktu pengangkatannya.

Sheet Pile beton ini biasanya dipakai untuk konstruksi berat yang dirancang dengan tulangan untuk membendung berat yang permanen sesudah konstruksi dan juga untuk menangani tegangan yang diciptakan selama konstruksi. Penampang tiang-tiang ini yaitu sekitar 500 hingga 800 mm lebar dan tebal 150 hingga 120 mm. Ujung bawah turap ini biasanya disusun meruncing untuk mempermudah pemancangan. Jika anda ingin membeli atau butuh sheet pile, kami menawarkan produk sheet pile yang terbaik dan berkualitas, anda tidak perlu ragu untuk membelinya karena produk kami aman dan dapat di percaya. tidak hanya sheet pile beton, kami juga menyediakan banyak produk lainnya seperti: tiang pancang, U ditch, box culvert, kanstin, pipa beton, dan masih banyak lagi.

Sheet Pile Beton memiliki 2 tipe, yaitu :

  1. Flat Sheet Pile berbentuk balok-balok
  2. Corrugated Sheet Pile berbentuk seperti huruf W

Keunggulan Flat Sheet Pile

  1. Dibuat menggunakan beton ready mix yang berkualitas dan kuat untuk tekanan beton yang tinggi
  2. Sangat ekonomis karena berkualitas tinggi
  3. Anti karat dan bebas korosi
  4. Mudah dalam hal pemindahan dan emasangan
  5. Akurasi yang sangat tinggi ketika pemasangan

Keunggulan Corrugated Sheet Pile

  1. Dibuat dengan kualitas dan tekanan beton yang tinggi
  2. Sangat ekonomis dan bermutu tinggi
  3. Dibuat di pabrik dengan pengawasan yang sangat ketat
  4. Bebas korosi dan anti karat sehingga banyak dipakai pada bangunan di tepi pantai
  5. Pemasangan dan pemindahan yang mudah
  6. Dibuat oleh Akurasi ukuran yang presisi

Sheet Pile Baja

Sheet pile baja ini sangat umum dan  bagus diterapkan untuk bangunan permanen ataupun sementara, karena lebih menguntungkan dan gampang penanganannya.

Berikut adalah Keuntungan Sheet Pile Baja:

  1. Kuat menahan gaya benturan pada saat pemancangan
  2. Bahan turap yang relatif tidak begitu berat
  3. Dapat digunakan berkali kali
  4. Mempunyai ketahanan yang tinggi
  5. Penyambungan yang mudah, jika kedalam turap besar

Tebal sheet pile baja ini sekitar  10 hingga 13 mm. Penampang sheet pile ini dapat berbentuk Z, deep arch (lengkung dalam), low arch (lengkung rendah )atau sayap lurus (straight website). Interlok pada sheet pile baja ini disusun seperti jempol-telunjuk atau bola-keranjang yang dapat dikaitkan, sehingga bisa membendung air. Jika anda ingin membeli atau butuh sheet pile, kami menawarkan produk sheet pile yang terbaik dan berkualitas, anda tidak perlu ragu untuk membelinya karena produk kami aman dan dapat di percaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *