Dulu para kontraktor menggunakan cara konvensional untuk membangun gedung ataupun jembatan. Semua proses pembuatan material konstruksi dilakukan dilapangan sehingga membutuhkan banyak waktu dan tenaga kerja.

Tapi seiring perkembangan zaman, cara konvensional seperti ini sudah mulai ditinggalkan. Semua proses pengerjaan menjadi sangat praktis karena perusahaan semakin cerdas dalam memproduksi bahan materialnya. Para kontraktor juga lebih menyukai menggunakan beton precast yang dibuat dari pabrik karena pekerjaannya mudah serta mutu kualitas yang dihasilkan terjamin.

 

 

Biasanya, beton precast digunakan untuk pembangunan proyek dalam skala yang besar, contohnya saja untuk pembangunan gedung, jembatan, jalan, dan lain sebagainya. Untuk kebutuhan pembuatan gedung, beton precast yang dibutuhkan yakni pada bagian balok, kolom, dinding, dan lantai. Sedangkan untuk keperluan jembatan, beton precast yang dibutuhkan biasanya adalah tiang pancang, box culvert, gorong-gorong beton, dan lain sebagainya.

Proses Produksi Beton Precast / Pracetak

 

 

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa produk beton precast ini diproduksi langsung pada pabrik. Proses pembuatannya yaitu dengan membentuk bagian-bagian yang berupa semen, agregat, baja, air, dan elemen lainnya sesuai dengan kebutuhan cetak beton.

Bahkan ada beberapa produk beton precast yang dapat di buat sesuai dengan pesanan konsumen. Karena terkadang, kondisi lokasi kontruksi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Bukan cuma bentuk dari beton saja yang bisa di pesan secara custom, tapi kualitas atas mutu beton dapat disesuaikan campurannya.

 

 

Untuk sistem produksi beton precast, pemilihan material pembentuknya harus di perhatikan dengan baik. Jika kriteria campuran beton dilakukan sembarangan, otomatis mutu beton yang dihasilkan pun tidak baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatan material beton, diantaranya:

  1. Ketahanan beton terhadap korosi
  2. Ketahanan beton terhadap kondisi mekanis
  3. Hasil finishing permukaan beton yang sempurna

Beton precast yang diproduksi dengan baik, dapat meningkatkan kerataan permukaan dan presisinya dalam perakitan. Maka dari itu, beton yang diproduksi dalam pabrik harus dipastikan mendapat kontrol kualitas terjamin yang bersertifikat. Apalagi jika produk beton precast tersebut akan diaplikasikan pada proyek berskala nasional. Kualitas adalah hal utama yang harus diperhatikan pihak pabrik.

 

Setelah material beton diproduksi dengan kontrol yang ketat, beton yang sudah jadi akan disimpan sampai siap dikirimkan ke lokasi proyek. Beton yang produksinya berupa potongan-potongan sesuai presisi yang tepat dibawa alat angkut sehingga mudah untuk dirangkit. Hal ini pula yang menjadikan proses pekerjaan konstruksi lebih mudah.

Megacon Bangun Perkasa dapat menerima pesanan produk beton precast apapun sesuai kebutuhan anda. Seperti keperluan tiang pancang, pagar panel beton, u ditch, maupun gorong-gorong beton. Jadi anda tak perlu khawatir dalam memenuhi kebutuhan konstruksi berbahan beton ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *