Gorong-gorong beton sudah lama dimanfaatkan dalam segala kebutuhan konstruksi. Perkembangan dunia industri beton, menjadikan saluran gorong-gorong kini diproduksi dengan berbagai jenis dan ukuran. Saluran berbahan beton bertulang ini terkenal kuat, awet, dan efisien dalam pemasangannya. Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa jenis dan ukuran gorong-gorong saluran beton yang kami produksi.

1. Buis Beton

Buis beton merupakan saluran gorong-gorong yang sudah lama diproduksi dan digunakan. Buis beton telah dikenal sejak lama, bahkan pada tahun 1984 sudah banyak area konstruksi yang memanfaatkannya.

Dulu, proses pembuatan buis beton dilakukan secara tradisional dengan menyusun 2 lingkaran untuk membentuk batas luar dan dalamnya. Barulah pada cetakan ini dimasukkan campuran beton ke dalamnya.

Tapi saat ini buis beton diproduksi langsung oleh pabrik yang berpengalaman, cara pembuatannya sudah mendapat kontrol kualitas lebih baik dari segi material bahan sampai cetakan yang dipakai. Karena memiliki bentuk lingkaran yang memanjangkan layaknya sebuah pipa, buis beton kerap kali disebut pipa beton. Jenis kualitas buis beton ini ada yang dengan atau tanpa besi tulangan.

Buis beton banyak dipakai untuk kebutuhan saluran air, terutama jenis saluran air bawah tanah yang bagian permukaan atas tanahnya biasa dilalui oleh kendaraan berat. Anda bisa memesan buis beton tanpa tulangan atau dengan tulangan tergantung dari keperluan pengaplikasiannya dan ketahanannya.

2. Box Culvert

 

Seperti namanya, gorong-gorong beton ini memiliki bentuk seperti box atau segi empat. Semua produksi gorong-gorong beton box culvert di produksi bersama dengan tulangan sehingga ia terjamin kekuatannya dalam menahan beban. Dalam pemasangannya, box culvert ini menggunakan bantuan dari spigot atau spocket sehingga ia dapat menyambung antara box culvert satu dengan lainnya.

Selain dipakai sebagai saluran air, box culvert juga bisa digunakan untuk saluran pembuangan, jembatan, terowongan, dan lorong bawah tanah. Box culvert dapat diproduksi dengan berbagai dimensi ukuran sesuai kebutuhan anda.

Pabrik beton pada umumnya memproduksi box culvert dengan ukuran standar 40 x 40 cm sampai 200 x 200 cm dengan panjang 100 cm. Jadi jika anda membutuhkan ukuran lain sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan pabrik beton precast.

3. U Ditch

 

Hampir sama dengan box culvert, saluran air beton ini memiliki bentuk persegi namun dibagian atasnya lubang. Jadi jika dilihat lagi bentuk U Ditch nampak seperti huruf U. U ditch precast ini juga bisa diaplikasikan sekaligus bersama cover u ditch / tutup u ditch yang dijual terpisah.

Untuk gorong-gorong saluran beton u ditch sendiri tersedia ukuran 30 x 30 cm sampai 120 x 120 cm dengan panjang 120 cm. Jika anda membutuhkan u ditch dengan dimensi lain maka hubungi langsung pabrik beton untuk lakukan konsultasi. U ditch sangat cocok digunakan untuk saluran air di area jalan raya, perumahan, atau lainnya.

Mengapa u ditch dijual terpisah dari cover nya? Senga diproduksi begitu karena untuk memudahkannya dalam perawatan. Dengan menggunakan u ditch anda dapat membersihkan saluran air dengan mudah karena dapat membuka bagian tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *