Beton adalah material konstruksi yang memiliki peran penting dalam infrastruktur di Indonesia. Produk dari beton semakin lama terus berkembang, dari cara produksinya yang konvensional kini menjadi beton pracetak (precast). Ada 2 kelebihan utama yang menjadikan material beton sangat diminati dalam dunia konstruksi:

  • Proses pemasangan cepat dan mudah
  • Banyak tenaga konstruksi yang memahami proses pengerjaan dan perlakuan beton sesudah pengecoran

Karakteristik dari beton precast dengan konvensional dan ready mix berbeda satu sama lain, apalagi dalam proses produksi serta mekanisme lainnya.

Beton pracetak (precast) adalah material beton bertulang yang diproduksi dengan cetakan berbagai macam bentuk berdasarkan standarisasi yang telah ditentukan. Material beton ini diproduksi langsung dari pabrik sehingga pada wilayah proyek ia tinggal diaplikasikan saja. Pemilihan cara pengolahan beton dibuat tergantung kepada dasar kebutuhan proyek.

Proses produksi beton precast dibuat secara profesional dengan pencampuran beberapa elemen: besi sebagai tulangan, semen, pasir, batu, dan air. Kualitas yang dimiliki oleh produk beton precast mengikuti standar konstruksi yang ditunjukkan pada huruf K, mulai dari kualitas mutu beton K 100 sampai dengan K 500. Kualitas tersebut ditentukan oleh hasil produksi pabrik dan perawatannya sampai siap pasang ke wilayah proyek.

Daftar Produk Concrete Precast

 

Seperti yang telah kami paparkan diatas, produk beton precast dibuat dengan proses pabrikasi yang menggunakan khusus sehingga terbentuk material beton beragam variasi. Hasil produksi dari cetakan ini, membuat material konstruksi berbahan beton semakin banyak jenis yang ditawarkan. Jenis-jenis beton dibuat dengan beragam kualitas mutu sesuai standar yang telah ditetapkan. Mutu beton tersebut berada pada kelas ke-100 sampai dengan k-500. Anda dapat mengetahui kualitas dari beton tersebut berdasarkan huruf k dan nilai angkanya.

Berikut adalah beberapa produk beton precast yang kami sediakan untuk memenuhi kebutuhan konstruksi bangunan anda.

1) Saluran Air Beton U Ditch

Material beton ini dicetak khusus untuk memenuhi kebutuhan kanal saluran air dan irigasi. Fungsi utama dari saluran u ditch adalah sebagai saluran air yang Dapat meresap maupun mengalirkan air hujan dan air pembuangan rumah tangga menuju tempat yang diinginkan. Kami telah menyediakan saluran beton u ditch ini dengan beragam variasi ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan volume debit air yang hendak dialirkan.

Sebagai saluran air, bentuk dari u ditch sendiri sangat unik karena mirip seperti huruf u. Karena bentuknya yang seperti ini, ia dimanfaatkan untuk membuat saluran air terbuka di pinggir jalan, maupun bisa diaplikasikan sebagai saluran air tertutup dengan mengaplikasikan Cover U ditch. Tutup / cover U ditch memiliki ukuran panjang separuh dari ukuran asli u ditch.

Di sini kami menawarkan pada anda produk beton u ditch dengan kualitas mutu beton K 350. Anda dapat memasang u ditch untuk beragam kebutuhan saluran air. Cara penyambungan u ditch sangat mudah, karena hanya menggunakan plat joint / plat embeded yang disambung menggunakan baut. Sementara untuk menutup bagian nat anda bisa menggunakan material mortar.

2) Box Culvert

Material beton ini memiliki fungsi yang sama dengan saluran u ditch, ia dimanfaatkan sebagai saluran drainase dan irigasi. Hanya saja produk box culvert memiliki bentuk kotak yang mirip seperti box, serta box culvert memiliki spigot dan socket yang menjadikannya tidak dapat menyerap air hujan. Box culvert telah di desain khusus sebagai material yang kedap terhadap masuknya air hujan atau eksfiltrasi.

Produk box culvert hanya digunakan sebagai saluran pembuangan air kotor, tapi material ini bisa digunakan sebagai jembatan, subway, tunnel, underpass, dan masih banyak lagi karena ia dapat menahan pergeseran tanah,

Tak heran jika proses produksi box culvert sangat diperhatikan kualitas mutu betonnya. Menjadi suatu keharusan bagi Puskesmas untuk memiliki mutu beton yang kuat sehingga dapat menahan beban di atasnya. Dalam proses pemasangan, anda harus membuat parit diratakan dengan material granular agar Saat mengaplikasikan box culvert ketinggiannya dapat sejajar satu sama lain. Pertemuan antar box culvert harus dilapisi dengan perekat dari bahan yang kedap air sesuai standar yang telah diberikan oleh pabrik.

3) Paving Block

Paving block adalah material beton yang digunakan untuk menutup permukaan tanah supaya rata. Menggunakan paving block sebagai alas permukaan tanah menjadikannya lebih kuat karena tingkat menahan beban yang dimilikinya tinggi. Selain karena kekuatan yang dimiliki, jika disinyalir ternyata pemasangan dan perawatan paving block lebih murah dibandingkan menggunakan aspal biasa.

Saat hendak memasang paving block Sebaiknya anda perhatikan dulu proses pemadatan tanah yang dilakukan. Karena kekuatan kompresi paving block satu dengan lainnya tergantung dari proses tersebut. Paving block tersedia dengan beragam macam bentuk dan warna, jadi anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan lingkungan atau bangunan sekitarnya.

4) Kanstin Beton

Karena kekuatan yang dimiliki oleh beton sendiri, heran jika materialnya dipakai untuk infrastruktur jalan. Begitu juga dengan produk kanstin beton ini. Kanstin dicetak secara khusus untuk digunakan sebagai pembatas jalan maupun paving. Bentuk dari kastin sendiri menyerupai bingkai sehingga ia dapat dijadikan sebagai pengunci paving untuk mengurangi terjadinya pergeseran.

Selain sebagai pengunci, kanstin bisa dimanfaatkan sebagai penanda pembeda ruang atau ketinggian permukaan tanah. Contohnya bisa anda lihat pada jalan raya, di mana area yang digunakan untuk pejalan kaki dan kendaraan motor akan dibedakan berdasarkan ketinggian permukaan tanah.

Perusahaan kami juga menyediakan produk kantin tersebut yang siap anda pesan. Kanstin beton kami memiliki kualitas mutu beton terbaik dengan penawaran harga yang lebih murah dari perusahaan lain.

5) Pipa Beton Bertulang / Gorong-gorong Beton

Saluran air memang harus menggunakan material yang kuat, tak heran jika banyak produk beton diproduksi secara khusus untuk memenuhi kebutuhan ini. Jika produk u ditch memiliki bentuk seperti huruf u, box culvert memiliki bentuk kotak, lain halnya dengan pipa RCP karena bentuknya seperti tabung silinder.

Produk buis beton ini dipasang seperti saluran pipa besar di dalam tanah. Karena diproduksi dengan ukuran yang besar, buis beton mampu mengalirkan volume debit air yang besar. Buis beton memiliki spigot dan socket pada bagian pinggirnya sebagai media untuk penyambungannya. Pada bagian spigot dan socket buis beton juga diberikan perekat lapisan kedap air.

Hal utama yang harus diperhatikan dalam pemasangan nya adalah setelah pipa RCP diletakkan dalam tanah kemudian parit diurug, harus dipastikan tidak terjadi pergeseran posisi.

6) Pagar Panel Beton

Jika Anda membutuhkan dinding pagar yang kuat sebagai benteng bangunan, gedung, maupun pabrik Anda, memilih pagar panel beton adalah pilihan terbaik. Dengan adanya pagar beton, pengerjaan konstruksi pemagaran bisa diselesaikan dengan cepat dan mudah. Material ini dibentuk berbentuk balok kolom sehingga lebih mudah diaplikasikan dan praktis. Selain sebagai pagar, ia bisa juga dipakai untuk kebutuhan plat jembatan.

Harga dari pagar panel beton pracetak lebih murah dibandingkan pagar konvensional lainnya. Metode produksi pada pagar panel tidak jauh berbeda dengan jenis beton pada umumnya, ia dicetak melalui proses pabrikasi dengan cetakan tertentu berbentuk balok kolom maupun plat sesuai kebutuhan konstruksi.

Jika ingin menciptakan pagar dinding yang kokoh, dalam pemasangannya sebaiknya sambungkan komponen agar tersebut dengan grut beton kualitas tinggi. Dengan kontrol produksi yang ketat dan mutu beton terbaik, umur pemakaian dari pagar panel ini bisa sampai puluhan tahun. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pagar panel beton yang harus anda ketahui diantaranya: Lebih ramah lingkungan, proses pemasangan yang mudah sehingga lebih hemat tenaga kerja, mutu beton terjamin karena komponen produksinya berupa frame sehingga kualitas beton selalu konsisten. Jadi anda tidak akan rugi dengan mengaplikasikan produk ini.

7) Road Barrier Beton

Produk terakhir yang akan kami perkenalkan adalah road barrier atau biasa disebut sebagai traffic barrier pembatas jalan beton. Produk ini telah dirancang khusus oleh pabrik agar dapat dijadikan pembatas jalan raya yang tidak mudah bergeser walau terkena tabrakan kendaraan.

Tentu kekuatan yang dimiliki oleh road barrier beton lebih terjamin dibandingkan produk road barrier yang terbuat dari fiberglass diisi air. Walaupun pembatas jalan ini tidak diletakkan secara permanen, dia harus kuat dalam menahan benturan.

Manfaat yang diberikan oleh road barrier sangat besar bagi kelancaran lalu lintas, ia juga dapat meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan yang kerap kali terjadi. Road barrier adalah material beton yang dapat memposisikan kendaraan pada jalur yang semestinya dilalui.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar macam-macam produk beton pracetak (precast) yang ada di pasaran. PT megacon Bangun Perkasa adalah perusahaan beton precast orang yang sudah dipercaya konsumen selama bertahun-tahun memenuhi kebutuhan infrastruktur material beton Precast. Jika anda sedang membutuhkan beberapa produk diatas, silakan hubungi kami untuk informasi pemesanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *