Box culvert merupakan produk dari beton yang dicetak di pabrik / precast, dimana ukurannya telah ditentukan dengan bentuk kotak dan persegi. Manfaat box culvert dalam dunia konstruksi sendiri adalah sebagai saluran drainase terutama yang sistemnya tertanam, istilah lain dari box culvert ini adalah gorong-gorong beton.

Produk box culvert pracetak ini banyak dijadikan pilihan di area konstruksi pembangunan sebab banyak kelebihan yang ia miliki. Adanya beragam bentuk dan jenis beton pracetak juga membuat customer lebih mudah dalam memilih produk beton sesuai kebutuhan konstruksi.

 

 

Kala ini, desain box culvert tidak lagi melulu berbentuk kotak dan persegi. Kini ada box culvert yang dibuat dengan bentuk trapesium bahkan lingkaran sesuai dengan permintaan kebutuhan. Ukuran dimensinya pun telah diperkirakan oleh pihak pabrik sesuai dengan debit air yang mengalir.

Box culvert disusun oleh campuran material baja, chlorida (PVC), polyvinyl, dan material pembuatan beton pada umumnya seperti semen, baja, dan agregat. Dalam pembuatannya, box culvert telah dilengkapi dengan sambungan socket dan spigot yang berbentuk seperti pipa agar ia dapat disambung dengan box culvert lainnya.

Standar Perencanaan Pemasangan Box Culvert Jembatan

 

Proses pemasangan box culvert terbilang mudah, pemasangannya ini simpel dan tidak sebanding dengan produk-produk beton lain yang dicor ditempat. Langkah pertama adalah dengan menggali lahan pada area yang hendak dipasang box culvert sesuai kebutuhan. Kemudian dilakukan pelapisan tanah dengan material yang tidak kasar. Pemilihan material ini berguna untuk menghindari pergeseran tanah yang mungkin akan terjadi.

Jika sudah, proses selanjutnya yaitu melakukan pemasangan box culvert pada bagian yang sudah dilapisi, disusun secara rapi setiap box nya. Dalam pemasangan ini anda bisa menggunakan bantuan alat berat agar box culvert dapat ditempatkan sesuai ketinggian, kelurusan, sampai kemiringannya. Proses konstruksi berikutnya yaitu dengan melakukan penyambungan box culvert satu dengan yang lainnya. Kemudian baru lakukan pengurukan kembali.

 

 

Setelah membahas topik mengenai pengertian serta standar perencanaan pemasangan box culvert, ternyata box culvert memiliki banyak  manfaat lain. Berikut adalah manfaat box culvert pada area konstruksi:

  1. Box culvert merupakan material beton yang bisa digunakan untuk area konstruksi bawah tanah, jadi tidak hanya berguna sebagai saluran air drainase.
  2. Material box culvert kedap terhadap air tanah, ia sangat cocok digunakan pada konstruksi bawah tanah terutama sebagai saluran air
  3. Menggunakan box culvert juga akan mempercepat proses kerja konstruksi, karena box culvert termasuk produk beton precast yang siap pakai.

Sekian pembahasan mengenai produk box culvert ini, jika anda membutuhkan produk box culvert precast dengan harga termurah, perusahaan kami siap melayani Anda. Hubungi kami untuk dapatkan informasi lengkap pemesanan.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *