Peralatan dan bahan kerja konstruksi bangunan adalah faktor penting yang mempengaruhi proses penyelesain pekerjaan konstruksi. Perlu adanya manajemen yang baik terhadap kebutuhan peralatan dan bahan-bahan konstruksi yang dibutuhkan para tenaga kerja. Peralatan kerja yang kurang memadai justru dapat menghambat jalannya proses pembangunan, pemilihan alat dan bahan yang tidak berkualitas justru dapat mengurangi nilai kualitas dari hasil pembangunan. Jadi penting bagi anda untuk menyiapkan peralatan-peralatan berikut ini sebelum melakukan pekerjaan konstruksi.

Bahan kerja konstruksi bangunan sebaiknya sesuai dengan RKS (Rencana Kerja Syarat-syarat Teknis) dan akan lebih baik lagi jika semua bahan kerja ini sudah mendapatkan persetujuan dari Manajemen Konstruksi. Jika alat dan bahan kerja yang telah disiapkan telah memenuhi syarat RKS, sudah dipastikan manajemen konstruksi akan memberikan persetujuan.

Selain alat dan bahan kerja, tenaga kerja adalah salah satu unsur penting yang juga tidak dapat dipisahkan dalam kebutuhan pembangunan konstruksi. Tenaga kerja mengambil andil besar terhadap kualitas pekerjaan proyek, lama pengerjaan proyek, dan bahkan biaya yang harus dilakukan pada suatu pembangunan. Pemilihan tenaga kerja memang tidak bisa dilakukan dengan mudah, apalagi manusia merupakan sumber daya yang kompleks dan sulit diprediksi.

Terlepas dari pembahasan kebutuhan tenaga kerja, disini kami akan membahas seputar daftar peralatan dan bahan kerja konstruksi bangunan apa saja yang biasa diperlukan. Dengan begini anda bisa menyiapkan peralatan-peralatan ini sedari awal pengerjaan.

Daftar Peralatan Kerja Konstruksi

1. Tower Crane

2. Mobile Crane

3. Passenger Hoist

4. Genset
5. Pompa Air & Tandon Air
6. Excavator
7. Dump Truck
8. Truck Tronton
9. Mobil Pick Up
10. Theodolite
11. Waterpass
12. Scafolding
13. Air Compressor
14. Concrete Vibrator
15. Bar Bender
16. Bar Cutter
17. Mesin Las

Daftar Bahan-bahan Kerja Konstruksi

Nah, yang selanjutnya adalah pemenuhan kebutuhan bahan kerja konstruksi. Kebutuhan bahan baku konstruksi ini tidak bisa diprediksi apa saja yang akan dibutuhkan, karena setiap pembangunan akan membutuhkan bahan yang berbeda-beda, baik itu untuk pembangunan sebuah gedung, jembatan, atau jalan. Jika anda hendak memesan bahan-bahan material untuk mendukung kebutuhan pembangunan konstruksi, anda harus melakukan banyak pertimbangan. Yang meliputi:

  1. Melakukan identifikasi terhadap jenis dan jumlah bahan bangunan yang dibutuhkan. Pemesanan suatu bahan dimulai dari pemilihan bahan beserta spesifikasinya, jika sudah barulah memperhitungkan jumlah kebutuhan bangunan sesuai dengan rencana pekerjaan.
  2. Mempertimbangkan kualitas dari bahan bangunan sesuai dengan supplier yang dikenal oleh kontraktor
  3. Total budget pembangunan yang dimiliki oleh customer. Budget ini akan menjadi pertimbangan besar oleh kontraktor dalam pemilihan bahan bangunan, jumlah tenaga kerja, dan aspek kualitas hasil konstruksi yang diperoleh nanti.
  4. Untuk anda yang sedang melakukan pembangunan konstruksi dengan bahan material beton, kami menawarkan produk beton precast bermutu dengan harga jual yang murah. Tersedia produk u ditch, kanstin, box culvert, road barrier beton, dan lain sebagainya yang dapat Anda pesan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *