Car stopper atau di Indonesia biasa diartikan dengan penghalang ban merupakan suatu media pembatas untuk berhentinya Suatu kendaraan. Biasanya car stopper ini digunakan di area parkiran, area bongkar muat barang atau Loading Dock. Berdasarkan jenis bahannya dibedakan ada yang terbuat dari bahan karet, beton, dan juga baja. Car stopper berada di atas perkerasan beton, paving block, dan juga aspal.

Biasanya untuk satu lokasi parkiran kendaraan mobil penumpang, dipasang dua car stopper, dan lebar sejarak dengan lebar ban kendaraan yang memiliki ketinggian antara 10 sampai 20 cm dari permukaan. Ketinggian dari karet stopper tidak boleh melebihi 20 cm, karena jika terlalu tinggi akan mengenai bagian mobil seperti bemper, dan spoiler mobil.

Jenis & Fungi Car Stopper

Berikut ini beberapa bentuk dan fungsi yang ada pada car stopper, antara lain:

Car stopper Karet

Untuk kendaraan mobil penumpang standar, dapat menggunakan kanstin yang terbuat dari karet / rubber heavy duty, yang berbentuk segitiga, biasanya proses pemasangan kanstin tersebut menggunakan dynabolt ke lapisan perkerasan.

Car stopper Beton

Kanstin beton juga dapat digunakan sebagai car stopper mobil penumpang. Pemasangan kanstin ini dapat dilakukan dengan metode pemasangan menggunakan dynabolt dan ditempel pada perkerasan lantai. Umumnya terdapat kekurangan pada titik lubang dynabolt yang dimiliki oleh kanstin jenis ini, karena lubang dynabolt merupakan titik lemah terjadinya retak dan demolition pada kantin.

Metode lain dari pemasangan car stopper jenis beton adalah dengan meletakkan sebagian dari tinggi kantin di dalam tanah, dengan hal tersebut car stopper dijepit oleh perkerasan jalan. Struktur yang dipasang dengan cara dijepit akan lebih tahan benturan mobil dalam waktu yang lama.

Car stopper Besi

Keuntungan dari menggunakan pipa besi adalah dapat diinstal menyesuaikan ketinggian ban kendaraan, contohnya kendaraan bermuatan yang memiliki ban lebih tinggi dari mobil penumpang standar. Metode pemasangan dari pipa besi ini menggunakan dynabolt.

Metode Pemasangan Car Stopper

  1. Langkah utama yaitu perkerasan jalan atau lantai di marking.
  2. Namun, jika perkerasan nya sudah ada atau existing, maka perkerasan yang ada di marking dipotong dengan menggunakan mesin potong lantai.
  3. Selanjutnya melakukan pembongkaran perkerasan yang telah dipotong sebelumnya.
  4. Lapisan tanah dibawa perkerasan lantai digali sampai ketinggian yang diinginkan, yaitu ketinggian kanstin yang ingin dijepit dikurangi dengan ketebalan perkerasan lantai.
  5. Setelah itu barulah kanstin diletakkan di dalam galian tersebut.
  6. Lalu dilanjutkan dengan pengisian rongga atau space antar bekas bongkaran dengan perkerasan lantai misalnya beton maupun aspal.

Manfaat Car Stopper

Car stopper dibuat pada area parkir mobil untuk pemberhenti mobil saat parkir. Tujuannya agar mobil yang akan parkir tidak akan melewati pembatas parkir yang dapat mengakibatkan mobil yang sedang parkir di belakangnya tertabrak. Car stopper ini dapat diaplikasikan pada area parkir Mall, rumah sakit, sekolah, kantor, dan berbagai tempat lainnya.

Untuk Anda yang ingin menyelamatkan mobil anda dan juga garasi dari terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan, seperti mobil anda yang melewati batas parkir dan mengakibatkan garasi Anda tertabrak. Hal ini dapat diatasi dengan memasang car stopper di garasi maupun di tempat parkir lainnya. Anda dapat memesan langsung di PT megacon Bangun Perkasa, ataupun menghubungi kontak yang telah disediakan di halaman website kami.

Kami menyediakan car stopper dengan kualitas terbaik dan harga yang sangat kompetitif. Dengan didukung para tenaga kerja profesional yang akan mengerjakan car stopper dengan waktu yang cepat dan hasil yang rapi. Sudah banyak client yang merasa puas dengan hasil kerja kami. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan hasil yang kami berikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *