Istilah kanstin mungkin mulai sedikit populer akhir-akhir ini. Sebab keberadaan kanstin sangat dibutuhkan untuk memisahkan antara area jalan dengan area yang lain. Baik itu lajur pejalan kaki maupun area taman. Namun, tahukah Anda bahwa kanstin sebenarnya sudah dipergunakan semenjak zaman dahulu kala, tepatnya pada masa Pompeii kuno. Kemudian berkembang pesat dan muncul berbagai bentuk di pasaran yang menyesuaikan kebutuhan konsumennya.

Sejarah Kanstin

Penggunaan kanstin juga menandai bahwa adanya kemajuan peradaban manusia dalam membangun keindahan kota. Seperti halnya sepanjang jalan kota London pada abad pertengahan, tepatnya di tahun 1766.

Terdapat sebuah lajur khusus yang dilewati hanya untuk pejalan kaki pada sebuah gedung bernama East India House. Lajur khusus tersebut dibuat terpisah dengan jalan utama menggunakan 6 buah pilar pipa besi. Seiring berjalannya tahun, cara tersebut sudah ditinggalkan dan berganti dengan material baru yang digunakan hingga saat ini, yaitu Kanstin, biasa disebut dengan Curb / Kerb

Kanstin berperan dalam sejumlah fungsi, salah satunya yaitu sebagai pemisah antara badan dengan pinggir jalan. Di samping itu kanstin juga memiliki berguna sebagai pencegah kendaraan naik di atas trotoar (melanggar lalu lintas), melampaui halaman rumput dan melebihi batas tempat parkir. Kanstin-kanstin yang berjajar tersebut juga membantu memperbaiki struktural para tepi trotoar. Tidak heran jika kanstin juga mampu mengarahkan aliran air banjir dari badan jalan ke gorong-gorong.

Keberadaan kanstin saat ini lebih banyak diaplikasikan pada jalan-jalan di daerah perkotaan atau daerah pinggiran tertentu. Sangat jarang digunakan pada selain tempat-tempat tersebut, kecuali tempat tertentu yang membutuhkan drainase. Seperti gunung atau danau.

Jenis-jenis Kanstin di Indonesia

Seiring perkembangan zaman, berbagai jenis kanstin telah banyak digunakan pada infrastruktur jalanan. Sekilas penamaan jenis kanstin ini tidak begitu asing di telinga kita. Berikut ini jenis-jenis kanstin

  1. Car Stopper / Kanstin Parkir
  2. Kanstin Taman
  3. Kanstin DKI
  4. Kanstin S
  5. Kanstin Lubang Air
  6. Kanstin Jepit
  7. Kanstin Trotoar

Masing-masing kanstin tersebut tentu saja memiliki spesifikasi atau ukuran yang berbeda. Begitu juga dengan tingkat keretakannnya. Seperti halnya pada jalan khusus kendaraan bermotor yang melintas dengan kecepatan tinggi, maka kanstin tidak begitu digunakan sebab kendaraan besar tersebut cenderung mengarah ke sisi pejalan kaki. Maka sebagai gantinya, digunakankanlah barrier agar benturan mampu direduksi dengan baik.

Kanstin dapat dibuat berbekal material karet heavy duty, aspal dan beton. Namun, kanstin yang kami produksi saat ini adalah kanstin beton. Berikut ini beberapa dimensi kanstin beton yang bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan.

  1. Panjang 40 cm x  lebar 15 cm x tinggi 28 cm
  2. Panjang 60 cm x lebar 18 cm x tinggi 25 cm
  3. Panjang 60 cm x lebar 22 cm x tinggi 25 cm

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan kanstin cetak atau precast.

  1. Pemasangan membutuhkan waktu yang singkat karena tidak begitu sulit
  2. Finish pada bagian permukaan tanpa finishing kembali pada bagian site
  3. Harga cenderung relatif terjangkau daripada melakukan in-situ di lapangan
  4. Hasil pemasangan terkesan rapi dan teratur

Tipe Kanstin Menurut SNI 2442 – 2008

Adapun beberapa kanstin yang saat ini sudah ramai terjual di pasaran. Pada kanstin-kanstin tersebut telah diklasifikasi berdasarkan level ketinggiannya. Umumnya dengan bentuk yang sama yaitu persegi panjang.  Namun ada pula yang berbentuk trapesium pada sisi sampingnya.

Berikut ini beberapa kanstin berdasarkan SNI 2442 – 2008

  1. Kanstin Beton Tegak
  2. Kanstin Beton Miring
  3. Kanstin Beton Peninggi
  4. Kanstin Beton Penghubung

Demikian ulasan terkait sejarah kanstin sepanjang perkembangan zaman. Apabila Anda memerlukan konsultasi seputar pemilihan kanstin yang tepat, maka jangan ragu-ragu untuk konsultasikan kepada kami. Dengan senang hati kami akan membantu Anda memberikan produk kanstin dengan jenis yang tepat, berkekuatan tinggi dan pastinya harga dijamin terjangkau. Jadi, tunggu apalagi? Segera hubungi kami sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *