Dalam penerapannya pada teknologi box culvert untuk teknik sipil biasanya digunakan untuk pembangunan jembatan, jalan Raya, gorong-gorong rel kereta api dan masih banyak lagi. Penerapan box culvert biasanya bertujuan untuk membuat sebuah bangunan atau gorong-gorong beton yang mumpuni dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama. Untuk meningkatkan fungsi dari box culvert ini pada teknik sipil biasanya juga ditambahkan dengan berbagai keperluan beton lainnya.

Teknik penerapan sipil box culvert pada jembatan yang ada di Indonesia ini penggunaannya memiliki fungsi yang sangat banyak. Fungsi utama dari box culvert adalah untuk membantu saluran air dan mempercepat pekerjaan ketika nantinya ada renovasi pada pembangunan jalan maupun pada sebuah jembatan. Pembangunan ini juga dirancang sedemikian rupa dan disesuaikan dengan keperluan lapangan.

Teknik pemasangan box culvert sendiri harus dilakukan dengan sangat hati-hati perlu diperhatikan karena tidak boleh dipasang dengan sembarangan. Hal tersebut karena telah banyaknya terjadi kecerobohan yang dilakukan dengan pemasangan box culvert yang asal-asalan dan mengakibatkan banyak sekali kejadian tidak terduga seperti amblesnya tanah dan lain-lain.

Keunggulan Box Culvert untuk Infrastruktur Jalan

Telah kita ketahui bahwa banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh box culvert. Hal tersebut dapat kita rasakan dengan semakin berkembangnya infrastruktur di setiap daerah yang ada di Indonesia terutama infrastruktur umum seperti jalan raya yang sangat sering digunakan. Anda juga tentu sudah mengetahui bahwa Box culvert bisa diaplikasikan sebagai gorong-gorong di bawah Jalan Raya. Hal tersebut bertujuan untuk memperlancar saluran air dibawah jalan.

Beberapa keunggulan yang dapat kita rasakan dengan menggunakan box culvert sebagai bahan utama dalam sebuah Pembangunan seperti gorong-gorong yaitu antara lain:

  • Pemasangan dan penginstalannya sangat ringan
  • Pemasangan juga sangat cepat dan efisien
  • Biaya penginstalan sangat terjangkau
  • Box culvert memiliki plat besi join yang dijadikan sebagai struktur agar tetap kokoh dan juga tetap kuat menghadapi segala kemungkinan seperti penurunan atau pergeseran tanah pada suatu pondasi

Cara Pemasangan Box Culvert pada Teknik Sipil

Box culvert sendiri memiliki pengaplikasian yang cukup mudah untuk diaplikasikan pada gorong-gorong jembatan, jalan raya dan lain sebagainya. Proses penerapannya cukup simpel ini membuat banyak orang lebih memilih box culvert pracetak dibandingkan dengan jenis beton lainnya sebagai alat penyedia saluran air.

Tidak hanya membutuhkan proses galian tanah yang dalam berikut beberapa cara untuk memasang culvert sebagai gorong-gorong yang biasa dilakukan pada suatu proyek.

Langkah pertama yaitu membuat parit yang ukurannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan dari box culvert. Memiliki kedalaman yang mengikuti kedalaman minimal dari pabrik beton pracetak membuat produk tersebut. Lebarnya juga sudah diperhatikan dari lebar box untuk memudahkan pemasangan. Jika area penggalian sudah tidak diperlukan lagi maka bisa segera ditutup kembali dan dipadatkan kembali.

Langkah kedua yaitu pelapis tanah yang telah disesuaikan dengan kebutuhan box culvert. Pelapisan tanah dengan alas ini harus diperhatikan dengan baik karena dengan menggunakan material yang kasar membuat box culvert akan mengalami kerusakan.

Selanjutnya yaitu dengan proses pemasangan dimana langkah awalnya membuat barisan dari box pertama untuk menentukan kelurusan penempatan box selanjutnya. Hal yang perlu dilakukan selanjutnya yaitu pengaplikasian sealant untuk menghindari migrasi tanah pada air. Setelah semua pengaplikasian dan cara-cara diatas cara selanjutnya yaitu adalah pengurukan area kerja yang telah dilakukan pemasangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *