Di era sekarang ini box culvert masih menjadi andalan pemkot untuk menyelesaikan problem banjir sekaligus juga macet.

Saat ini banyak sekali proyek pembangunan yang menggunakan material utama box culvert untuk membangun sebuah gorong-gorong saluran drainase air. Di Indonesia pun telah banyak dibangun saluran drainase air yang menggunakan box culvert. Salah satu contoh pembangunan saluran air terpanjang dan terbesar yang ada di Surabaya yaitu box culvert yang ada di Banyu Urip. Saluran tersebut merupakan diversi gunung Sari yang mempunyai panjang hampir 7 km yang memanjang dari pertigaan Pasar Kembang hingga Jalan Manukan.

Sebelum dibangunnya saluran air tersebut jalan yang ada di sekitaran daerah tersebut sangat sempit dan hanya bisa dilewati oleh dua truk yang berpapasan. Namun kini setelah pemasangan box culvert terpasang maka lebar jalan pun bertambah dua kali lipat. Saluran irigasi yang digunakan untuk mengairi sawah sekarang dilintasi segala macam kendaraan dan kemacetan pun sudah terurai.

Penerapan Box Culvert untuk Jembatan

Saat ini telah banyak penggunaan box culvert dan diaplikasikan pada jembatan yang ada di Indonesia. Penggunaan box culvert pada sebuah jembatan tentunya memiliki fungsi yang sangat banyak. Hanya jembatan namun juga pada gorong-gorong yang ada di jalan raya. Fungsi utama dari pemasangan box culvert untuk jalan raya dan juga jembatan adalah untuk membantu saluran air dan mempercepat pekerjaan ketika ada renovasi pada pembangunan jalan maupun sebuah jembatan. Pembangunan box culvert pada suatu jembatan juga dirancang sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan lapangan.

Pemasangan box culvert juga harus hati-hati dan perlu diperhatikan karena tidak boleh sembarangan. Banyak sekali kejadian dengan cerobohnya pemasangan dari box culvert mengakibatkan banyak kecelakaan seperti amblesnya suatu tanah karena kurangnya pondasi dalam pengurukan setelah box culvert itu diaplikasikan.

Keuntungan Menggunakan Box Culvert untuk Pembangunan di Indonesia

Box culvert dibuat dari berbagai jenis material yaitu diantaranya baja, polivynil, klorida atau PVC dan juga beton. Obat yang digunakan untuk membawa aliran air ataupun saluran irigasi pembuangan yang melewati bagian bawah Jalan umumnya disebut dengan saluran.

Pada pemakaiannya box culvert beton sangat menguntungkan dibandingkan dengan penggunaan kayu yang mana memiliki fungsi yang sering dinamakan dengan multi plate pipe yaitu sebagai pengganti kegunaan kayu. Berikut ini merupakan keuntungan utama dari penerapan box culvert pada pembangunan yang ada di Indonesia.

  • Harga box culvert yang murah
  • Bisa ditempatkan dimana saja
  • Kemudahan dalam sistem pemindahan dan juga transportasi
  • Memiliki jangka umur yang panjang Dalam penggunaannya
  • Tidak memakan waktu yang lama untuk proses pengerjaan

Pada dasarnya box culvert tidak berbeda dengan beton cor yang biasa kita temui tetapi yang membedakan yaitu proses pembuatannya sehingga dengan menggunakan box culvert pracetak tentunya pengerjaan lebih mudah dan efisien ketika Harus mengatasi adanya suatu jalan atau jembatan yang putus.

Box culvert selalu menjadi 1 bagian dari pekerjaan yang lebih cepat dibandingkan dengan pembuatan box culvert di lapangan. Misalnya saja terjadi masalah dengan saluran drainase di lapangan lalu dengan mencor box culvert di tempat tentu akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan bisa saja mengganggu pengguna jalan raya yang sedang melewati perbaikan drainase tersebut. Apalagi jika kapasitas Jalan Raya pada daerah perbaikan memiliki jumlah yang sangat besar maka akan menimbulkan dampak kemacetan pada jalan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *