Kanstin adalah sebuah produk dari bahan beton, berguna sebagai penguat bagian tepi jalan yang sudah dipasangi konblok atau paving blok. Kanstin beton secara umum dimanfaatkan pada separator, trotoar, jalan, taman, tepi badan jalan, boulevard dan masih banyak lagi. Umumnya, trotoar memiliki tingkat elevasi lebih tinggi dibandingkan lajur jalan kendaraan bermotor. Secara praktis, kanstin berfungsi juga sebagai pembatas. Dengan begitu, kerapihan dan keindahan trotoar jalan jelas terlihat ketika kanstin sudah dipasang dengan baik dan benar.

Fungsi Kanstin Beton

Kegunaan atau fungsi utama dari kanstin beton ini yaitu mengunci susunan paving block atau conblock yang sudah disusun, sehingga tidak mudah bergeser dari titik pemasangannya. Fungsi lain dari kanstin ini juga mampu mempermudah para tukang memperoleh sudut lurus dari masing-masing naat yang sudah diatur. Saat ini, kanstin telah tersedia dalam varian ukuran dan bentuk. Kami adalah supplier dan distributor kanstin terkemuka di Indonesia. Kami berkomitmen penuh untuk memberikan variasi kanstin yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk konsultasi pembelian kanstin, silahkan hubungi kami.

Beragam Jenis Kanstin yang Kami Sediakan

Dari pembahasan sebelumnya, kita ketahui bahwasanya kanstin paling umum digunakan pada bagian badan jalan saja. Namun, apakah terdapat jenis-jenis kanstin lainnya yang tidak hanya terpasang pada badan jalan? Temukan jawabannya melalui ulasan berikut.

1. Kanstin Taman

Sejalan dengan penamaan kanstin ini, biasanya kanstin taman digunakan pada area-area rerumputan atau kawasan perumahan mewah yang mana di dalamnya terdapat sejumlah boulevard park. Penggunaan kanstin taman tersebut biasanya dipadukan dengan kanstin beton. Sehingga kesan dari jalan perumahan atau area taman tersebut semakin indah dan rapi untuk dipandang.

2. Kanstin Jepit

Serupa namun tak sama, begitu lah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan bentuk dari kanstin jepit ini. Sama halnya kanstin taman, kanstin jepit juga digunakan pada area rerumputan atau boulevard park. Hanya saja, kanstin jepit ini langsung berbatasan dengan badan jalan.

3. Kanstin S

Kanstin ini memiliki nama lain, yaitu kanstin tali air. Sesuai dengan pemberian namanya, pada kanstin S memiliki bentu yang bergelombang. Begitu berbeda dengan kanstin-kanstin yang dijual di pasaran pada umumnya, dimana bentuknya cenderung lebih rata dan tegas. Kanstin S memiliki kegunaan penting pada badan jalan, yakni sebagai penahan atau pengarah air agar segera masuk ke dalam saluran drainase / pembuangan.

 

Cara Mengoptimalkan Fungsi Instalasi Kanstin Beton

Untuk memperoleh manfaat kanstin sebesar-besarnya, maka Anda menyesuaikan dengan jenis kanstin yang akan digunakan. Selain berpengaruh terhadap keindahan, pemilihan kanstin beton yang tidak sesuai juga dapat menimbulkan bahaya bagi para pengguna lajur jalan, khususnya kendaraan bermotor.

Misal, pada jalanan yang dilalui oleh kendaraan muatan besar, maka memilih kanstin berukuran besar merupakan pemilihan yang tepat. Sebab apabila memasang kanstin berukuran kecil dapat membahayakan pengguna jalan lainnya, bahkan mengakibatkan kendaraan melompat. Hal ini dikarenakan kanstin tersebut tidak dapat berguna sebagai mana mestinya

Begitu juga ketika kanstin trotoar diganti dengan kanstin beton jenis lain yang tingginya kurang dari batas normal. Tentu saja hal ini akan menarik para pengendara untuk berbuat pelanggaran lalu lintas, yakni dengan cara menerobos trotoar tersebut. Pemandangan semacam ini seringkali kita jumpai pada saat jalanan dalam keadaan macet, mereka akan memilih untuk naik ke trotoar karena lebih lengang. Imbasnya, dapat membahayakan pejalan kaki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *