Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa trotoar adalah sebuah lajur yang difasilitasi bagi para pejalan kaki di pinggir jalan. Biasanya trotoar di bangunan agak lebih tinggi, sekitar beberapa centimeter dari sepanjang permukaan jalan raya. Pemisah antara jalan raya dengan trotoar inilah yang disebut dengan material beton. Secara spesifik, material beton tersebut memiliki istilah khusus bernama kanstin. Lantas apa itu kanstin?

 

 

 

Kanstin merupakan suatu produk yang terdiri dari bahan beton. Fungsi utama dari keberadaan kanstin ini yaitu untuk memperkuat sisi tepi jalan. Terkadang kanstin juga digunakan pada fasilitas umum lainnya, sesuai dari jenis kanstin itu sendiri. Pemasangan kanstin pada jalan raya dapat membantu para pengendara untuk mengemudi sesuai dengan jalurnya.

Kanstin tersedia dalam bentuk dan ukuran yang bervariasi, sehingga dapat menyesuaikan langsung dengan keperluan proyek. Kami selaku distributor dan supplier kanstin seluruh Indonesia ingin berbagi bagaimana kanstin dibuat.

Tutorial Membuat Kanstin Beton yang Kuat dan Kokoh

Kanstin dibuat dari sebuah alat cetak yang terbuat dari bahan besi plat dengan tebal  2 milimeter. Alat ini berfungsi mempermudah produsen untuk memperoleh jumlah banyak pada produksi kanstin.

Berikut ini langkah-langkah pembuatan kanstin/cara cetak kanstin:

  1. Mula-mula pasir dan dimasukkan ke dalam sebuah alat cetak. Pemilihan alat cetak tersebut sesuai dengan jenis kanstin yang akan dibuat.
  2. Pastikan pasir-pasir tersebut masuk dengan sempurna, tanpa ada celah sedikitpun pada alat cetak kanstin
  3. Agar pasir dapat masuk secara maksimal, Anda dapat menepuk sisi permukaan pasir yang sudah tertuang tersebut dengan menggunakan bidang datar.
  4. Pastikan pasir pada alat cetak kanstin telah terisi penuh dan rata
  5. Jika sudah, bagian atasnya ditepuk kembali dengan bidang datar. Kemudian membersihkan bagian atasnya yang masih tersisa.
  6. Tunggu beberapa saat, sekitar 30 menit.
  7. Maka cetakan bisa dibongkar dan kanstin dapat digunakan sebagaimana mestinya

Spesifikasi Cetakan Kanstin Manual Harga Cetakan Kanstin

Di bawah adalah spesifikasi alat cetak kanstin yang biasa digunakan. Adapun tipe, ukuran dan isi pada masing-masing alat cetak tersebut menyesuaikan dari jenis kanstin yang akan diproduksi.

Dimensi/Jenis Kanstin Kanstin DKI Kanstin S Kanstin Taman Kanstin Duduk Kanstin B2
Panjang 59.9 cm 40 cm 39 cm 38.5 cm 40 cm
Tinggi 27 cm 30 cm 19.5 cm 20 cm 28 cm
L Atas  10 cm  9 cm  7.5 cm  10 cm 12 cm
L Bawah 15.5 cm 17 cm 10 cm 20 cm 16 cm
Harga  Rp. 60.000 Rp. 45.000  Rp. 25.000 Rp. 35.000 Rp. 40.000

Seiring perkembangan zaman yang terus berkembang dari waktu ke waktu, variasi kanstin kini telah banyak ditemukan di beberapa pasaran. Mulai dari spesifikasi, jenis, ukuran dan bentuk. Semua varian tersebut tak lain bertujuan agar pengguna dapat memilih varian kanstin sesuai kebutuhan.

Kanstin Taman

Adalah salah satu jenis kanstin yang paling banyak ditemui di sekitar area perumahan. Khususnya pada perumahan yang baru saja dibangun dan perumahan elite menengah ke atas. Hampir semua perumahan tersebut rata-rata 1 bidang tanah yang diperuntukkan sebagai area taman. Begitu juga dengan pemakaian paving beton di badan jalan perumahan. Semuanya akan terlihat rapi dan asri apabila dikombinasikan dengan kanstin. Kanstin memiliki kegunaan untuk memisahkan antara area taman dengan jalan. Keunggulan lainnya yang terdapat pada pemasangan kanstin adalah agar tanah tanah yang berada di taman tidak berserakan dan mengotori jalan.

Kanstin Parkir

Jika anda seringkali pergi ke tempat publik, tentu saja Anda sudah tak asing lagi dengan sebuah tonjolan-tonjolan yang berjajar tempat parkir. Khususnya bagi pengguna mobil. Tonjolan-tonjolan dimaksud dengan car stopper atau kanstin parkir beton.

Karakteristik yang terdapat pada kantin parkir atau car stopper adalah ukuran tingginya yang cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis-jenis kanstin yang lain. Kurang lebih sekitar 10 sampai 15 cm saja. Adanya kanstin pada area parkir sangat penting mengingat gerak mobil terkadang sulit berhenti, sehingga melebihi area yang sudah ditentukan. Kanstin ini bisa dengan ukuran tidak begitu tinggi guna tidak terjadi goresan bumper tatkala mobil melebihi area yang sudah disediakan.

Kanstin Trotoar

Sesuai dengan penamaannya, kanstin ini hanya bisa digunakan sebagai pemisah antara trotoar dengan lajur jalan kendaraan. Kanstin pada permukaan trotoar dibuat lebih tinggi lebih daripada permukaan lajur kendaraan. Sehingga para pengguna trotoar bisa lebih aman berjalan di samping lajur kendaraan.

Kanstin S

Seringkali disebut dengan kantin tali air. Pada kanstin S penampilannya cenderung bergelombang. Hal ini tentu saja sejalan dengan penamaannya. Sangat berbeda dengan beberapa wujud kanstin yang ada di pasaran secara umum, yaitu tegas dan rata. Karena kanstin S memiliki fungsi khusus yaitu untuk mengarahkan air sekaligus menahannya agar masuk melalui saluran gorong-gorong.

Kanstin DKI

Bentuk yang dimiliki pada kanstin DKI nyaris serupa dengan kanstin trotoar. Hal yang sama juga terjadi pada kegunaannya yaitu sebagai pembatas antara trotoar dan badan jalan. Hanya saja kanstin DKI memiliki dimensi yang cukup besar daripada kanstin trotoar. Wajar jika sebagai masyarakat menjulukinya sebagai kantin jumbo. Spesifikasinya yang berukuran besar dan kuat tersebut membuat kanstin DKI sangat disarankan untuk proyek pemasangan jalan-jalan besar yang dilalui oleh kendaraan bermuatan berat.

Demikian ulasan seputar cara pembuatan kanstin yang kuat dan kokoh agar tidak mudah retak. Jika Anda membutuhkan produk-produk kanstin berkualitas, kami dari PT megacon Bangun Perkasa siap memberikan spesifikasi kantin terbaik sesuai kebutuhan proyek anda.

Adapun produk-produk yang kami telah memiliki lisensi SNI, yang mana artinya adalah telah mengantongi standarisasi nasional maupun internasional. Tim ahli dan tenaga kerja kami telah profesional dalam bidang pembuatan dan pemasangan kanstin. Kami melayani pengiriman dan pelayanan instalasi kanstin seluruh wilayah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *