Blog

Komposisi Ukuran Dolak Campuran Beton Standar SNI

Komposisi Ukuran Dolak Campuran Beton Standar SNI

Ketika melaksanakan pekerjaan pengecoran, para kontraktor biasanya membutuhkan beberapa material campuran beton agar cor yang dihasilkan dapat berdiri kokoh. Material campuran beton ini terdiri dari semen, pasir dan juga split.

Terdapat 2 jenis sistem pengecoran beton yang tersedia, yakni site mix dan juga ready mix. Bagi anda yang hendak melakukan pengecoran, disini saya akan membagikan informasi lengkap seputar komposisi ukuran campuran semen, pasir, dan split pada saat pengecoran. Campuran beton standar SNI ini lebih mengacu pada sistem pengecoran site mix.

 

 

Komposisi ukuran campuran beton berstandar SNI adalah 1 : 2 : 3, dengan lebih jelasnya campuran material terhitung 1 semen : 2 pasir : dan 3 split. Perbandingan ini bisa dengan mudah anda praktekan sendiri karena ia berdasarkan satuan berat kg atau bisa juga menggunakan ember.

Misalnya, dengan 1 kg semen, anda harus menggunakan 2 kg pasir dan 3 kg split. Jika menggunakan 1 ember semen, perbandingan yang lain yaitu 2 ember pasir, dan 3 ember split. Bahkan terkadang para kontraktor ini menggunakan alat ukur yang beragam saat di lokasi proyek.

Yang jelas, patokan utama dari semua alat yang digunakan berdaar 1 zak semen. Nah, lebih detailnya seperti ini 1 zak  semen = 5 sekop pengki / 1 dolak / 0,024 m3

 

 

Hasil campuran beton yang menggunakan perbandingan ini akan menghasilkan beton mutu K 175 atau hasil kuat tekanannya dapat mencapai 175 kg / cm2. Kualitas beton yang seperti ini terbilang cukup standar untuk memenuhi kekuatan duct beton.

Apabila anda ingin menentukan kekuatan beton sesuai standar SNI untuk adukan beton site mix dengan mutu K 200 atau K 225 maka sebaiknya mengacu pada buku SNI tentang komposisi adukan beton yang telah dibuat oleh Dinas PU.

Alat Berat & Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Pengecoran Beton

Alat Berat & Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Pengecoran Beton

Untuk mengetahui berbagai mesin atau aplikasi dalam dunia konstruksi maka anda harus mempelajari ilmu teknik dari prinsip fisika terlebih dahulu. Tak hanya mempelajari sekitar kebutuhan alat berat konstruksi, ilmu teknik mesin berperan banyak dalam bidang lainnya contohnya adalah pengadaan semakin sekitar kebutuhan konstruksi.

Tidak mudah dalam menyusun setiap proses konstruksi yang ada, apalagi untuk bangunan yang rumit seperti gedung bertingkat dan juga jembatan. Proyek besar dalam hal ini membutuhkan mesin berat yang lebih banyak dan rumit dalam pemeliharaannya. Salah satu mesin dan alat berat seputar konstruksi yang sangat dibutuhkan yaitu crane, crane dimanfaatkan untuk mengangkat material beton precast, seperti u ditch, box culvert, kanstin atau bahkan pipa beton yang memiliki bobot lebih.

Manfaat Yang Diperoleh Dengan Menggunakan Mesin Konstruksi Yang Tepat

Mesin ini tentu akan memberikan banyak manfaat seputar kebutuhan konstruksi di area lapangan. Ia menjadi objek alat pembantu dalam proses konstruksi bahkan dapat menghemat waktu kerja. Mesin konstruksi lebih menjamin kualitas mutu hasil kerja yang lebih rapi dan baik. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh pada biaya yang akan dikeluarkan maupun jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan.

 

Keperluan mesin konstruksi ini tidak cuma bisa dibeli, tapi anda bisa menyewanya sehingga biaya yang dikeluarkan lebih murah. Kontraktor bisa mengerjakan segala kebutuhan konstruksi bangunan dengan budget minim namun hasil kerja yang diperoleh optimal.

Daftar Mesin Untuk Kebutuhan Konstruksi

Jumlah mesin-mesin yang ada dalam konstruksi bangunan cukup banyak. Macam-macam nya bisa dibedakan sesuai dengan kebutuhan pengerjaan konstruksi tersebut. Kontraktor juga sering menyebutnya dengan heavy equipment yakni alat penggali tanah dan konsul yang digunakan sejak awal proyek dikerjakan.

Ada pula jenis mesin konstruksi yang digunakan dalam pekerjaan pondasi, alat berat untuk pemadatan tanah, alat-alat pencampur, dan material penuangan adukan beton. Berikut adalah daftar alat berat yang biasanya dibutuhkan dalam dunia konstruksi pada saat mengerjakan proyek besar.

  1. Daftar alat berat untuk proses penggalian: black hoe, power shovel, clemshell, excavator
  2. Daftar alat berat untuk proses perataan tanah: scraper, motor grader
  3. Daftar alat berat untuk proses penggusuran: bulldozer, loader, scraper
  4. Daftar alat berat untuk proses pemadatan tanah: sheep foot roller, segmen ted roller, tire roller, vibrating compec, tandem roller, dan three w roller
  5. Daftar alat berat untuk proses pengangkutan: cump truck, crane on track, trailer, flat bed, dll

 

Selain daftar alat berat diatas, mesin pompa air dan kompresor juga merupakan alat penting yang dibutuhkan untuk proses pembangunan konstruksi. Bahkan peralatan yang biasanya dikerjakan oleh tenaga manusia seperti: alat bor, pick and breakers, gerinda, dan lain sebagainya juga tidak pernah absen untuk kebutuhan ini.

Tentu saja semua alat berat dan mesin yang ada diatas memiliki peran yang berbeda-beda. Masih banyak jenis alat berat lainnya yang belum saya sebutkan diatas. Kebutuhan mesin dan alat-alat akan disesuaikan dengan kondisi proyek dan lingkungan konstruksi bangunan yang hendak dibangun.

Analisa Harga Pemasangan U Ditch Untuk Saluran Drainase

Analisa Harga Pemasangan U Ditch Untuk Saluran Drainase

 

Salah satu saluran drainase yang telah banyak digunakan masyarakat adalah saluran u ditch precast. Saluran u ditch memiliki bentuk selayaknya huruf U dan ia biasanya akan diberi penutup yang dinamakan cover u ditch, penutup  u ditch ini sangat fleksibel karena ia bisa dibuka atau tutup.

Saluran drainase yang menggunakan u ditch sudah dikenal memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihan yang ia miliki diantaranya, yaitu:

  1. U ditch precast sangat praktis, material ini tinggal dipasang di area yang telah digali / diurug
  2. Pengerjaan saluran u ditch dapat terlaksana lebih cepat karena ia tinggal dipasang
  3. U ditch merupakan saluran drainase yang kuat karena terbuat dari beton bermutu
  4. Kualitas u ditch precast sudah dapat dipastikan terjamin, setiap proses produksi yang dilakukan di pabrik telah dilakukan pengujian dan standar kualitasnya terjaga.

Analisa Harga Pemasangan U Ditch

Untuk pemasangan u ditch harus dilaksanakan oleh tenaga kerja yang sudah professional bila menginginkan hasil produksi yang baik. Harga pemasangannya tergantung seberapa besar lokasi proyek drainase yang dibangun maupun alat dan bahan yang diperlukan.

Maka dari itu, anda harus tahu apa saja item pekerjaan yang diperlukan dalam mengerjakan proyek saluran drainase u ditch. Berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan:

  1. Melakukan pekerjaan galian tanah, pengurugan kembali permukaan tanah, galian, pemadatan, kemudian buang tanah sisa galian
  2. Pekerjaan pasir urug dengan t berukuran 10 cm, dan lantai kerja t berukuran 5 cm
  3. Melakukan pengadaan pemasangan saluran u ditch

Biasanya u ditch di produksi dengan ukuran panjang 120 cm pada setiap unitnya. Dengan begitu, setiap 1 m2 saluran drainase yang diperlukan adalah 1 : 1,2 = 0, 83 unit saluran u ditch. Sedangkan untuk kebutuhan cover u dith ukuran 60 cm x lebar saluran diperlukan 1 : 0,6 = 1,67 unit cover u ditch pada setiap 1 m2 saluran air.

Nah, dengan mengetahui ukuran tersebut anda akan lebih mudah mengetahui harga pemasangan u ditch tiap-tiap saluran drainase. Anda cukup mengkalikan harga satuan masing-masing item sesuai dengan kebutuhan u ditch. Jika anda hendak memasang u ditch tanpa cover, maka tinggal mengurangi hasil perhitungan harga covernya.

Daftar Harga Saluran U Ditch Precast Drainase Terbaru

U ditch merupakan saluran air drainase yang terbuat dari beton bertulang berpenampang. Bentuk u ditch ini layaknya huruf U. Sedangkan cover u ditch merupakan tutup yang bisa diaplikasikan pada u ditch sesuai kebutuhan. Cover u ditch sendiri memiliki 2 tipe, yakni: heavy duty dan light duty. Dari kedua tipe tersebut, terlihat perbedaannya dari sisi ketebalan.

Saluran u ditch dapat dipesan dengan ketinggian yang beragam sesuai kebutuhan. Untuk pemasangannya, saluran u ditch dapat di sambung dengan merekatkannya menggunakan mortar. Penyambungan mortar pada u ditch ini berguna untuk menghindari resiko kebocoran saat u ditch telah dialiri air.

Daftar harga u ditch kami berikan kepada anda yang membutuhkan beton precast jenis ini dengan menghubungi kami secara langsung. Pasalnya harga u ditch mengalami perubahan yang tidak menentu dari waktu ke waktu, maka untuk dapatkan harga terupdate anda bisa menghubungi nomor kami. Sementara harga dibawah hanyalah sebagai patokan anda saja.

  • U ditch ukuran 100x100x120 kisaran harga jual Rp 1.812.500
  • U ditch ukuran 100x120x120 kisaran harga jual Rp 2.125.000
  • U ditch ukuran 120x100x120 kisaran harga jual Rp 2.450.000
  • U ditch ukuran 120x120x120 kisaran harga jual Rp 2.820.000
  • U ditch ukuran 120x140x120 kisaran harga jual Rp 3.195.000
  • U ditch ukuran 140x140x120 kisaran harga jual Rp 3.870.000
  • U ditch ukuran 150x100x120 kisaran harga jual Rp 5.075.000
  • U ditch ukuran 150x150x120 kisaran harga jual Rp 5.275.000
  • U ditch ukuran 150x170x120 kisaran harga jual Rp 5.850.000

 

 

  • U ditch ukuran 160x160x120 kisaran harga jual Rp 6.000.000
  • U ditch ukuran 160x180x120 kisaran harga jual Rp 6.300.000
  • U ditch ukuran 180x180x120 kisaran harga jual Rp 6.400.000
  • U ditch ukuran 180x200x120 kisaran harga jual Rp 6.550.000
  • U ditch ukuran 200x200x120 kisaran harga jual Rp 6.775.000
  • U ditch ukuran 30x30x120 kisaran harga jual Rp 304.000
  • U ditch ukuran 30x30x80 kisaran harga jual Rp 203.400
  • U ditch ukuran 30x40x120 kisaran harga jual Rp 327.450
  • U ditch ukuran 30x50x120 kisaran harga jual Rp 340.000
  • U ditch ukuran 40x40x120 kisaran harga jual Rp 450.000
  • U ditch ukuran 40x50x120 kisaran harga jual Rp 510.000
  • U ditch ukuran 40x60x120 kisaran harga jual Rp 542.000
  • U ditch ukuran 50x50x120 kisaran harga jual Rp 575.000
  • U ditch ukuran 50x60x120 kisaran harga jual Rp 625.000
  • U ditch ukuran 50x70x120 kisaran harga jual Rp 655.000
  • U ditch ukuran 60x60x120 kisaran harga jual Rp 735.000
  • U ditch ukuran 60x70x120 kisaran harga jual Rp 775.000
  • U ditch ukuran 60x80x120 kisaran harga jual Rp 895.000
  • U ditch ukuran 80x100x120 kisaran harga jual Rp 1.295.000
  • U ditch ukuran 80x60x120 kisaran harga jual Rp 1.055.000
  • U ditch ukuran 80x80x120 kisaran harga jual Rp 1.095.000

 

Jika ukuran u ditch yang anda butuhkan tidak ada di atas, maka kami sarankan anda untuk menghubungi kami. Detail harga diatas hanya sebagian produk u ditch yang tersedia. Masih banyak lagi ukuran saluran u ditch yang tersedia pada perusahaan kami, bahkan dapat diproduksi custom sesuai dengan ukuran yang anda butuhkan.

Penawaran harga diatas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dulu. Perubahan harga biasanya bergantung pada mutu beton, harga bahan baku yang naik, atau proses produksi. Jadi jangan ragu untuk segera menghubungi kami agar dapatkan info terbaru.

 

Daftar Peralatan & Bahan Kerja Konstruksi Bangunan

Daftar Peralatan & Bahan Kerja Konstruksi Bangunan

Peralatan dan bahan kerja konstruksi bangunan adalah faktor penting yang mempengaruhi proses penyelesain pekerjaan konstruksi. Perlu adanya manajemen yang baik terhadap kebutuhan peralatan dan bahan-bahan konstruksi yang dibutuhkan para tenaga kerja. Peralatan kerja yang kurang memadai justru dapat menghambat jalannya proses pembangunan, pemilihan alat dan bahan yang tidak berkualitas justru dapat mengurangi nilai kualitas dari hasil pembangunan. Jadi penting bagi anda untuk menyiapkan peralatan-peralatan berikut ini sebelum melakukan pekerjaan konstruksi.

Bahan kerja konstruksi bangunan sebaiknya sesuai dengan RKS (Rencana Kerja Syarat-syarat Teknis) dan akan lebih baik lagi jika semua bahan kerja ini sudah mendapatkan persetujuan dari Manajemen Konstruksi. Jika alat dan bahan kerja yang telah disiapkan telah memenuhi syarat RKS, sudah dipastikan manajemen konstruksi akan memberikan persetujuan.

Selain alat dan bahan kerja, tenaga kerja adalah salah satu unsur penting yang juga tidak dapat dipisahkan dalam kebutuhan pembangunan konstruksi. Tenaga kerja mengambil andil besar terhadap kualitas pekerjaan proyek, lama pengerjaan proyek, dan bahkan biaya yang harus dilakukan pada suatu pembangunan. Pemilihan tenaga kerja memang tidak bisa dilakukan dengan mudah, apalagi manusia merupakan sumber daya yang kompleks dan sulit diprediksi.

Terlepas dari pembahasan kebutuhan tenaga kerja, disini kami akan membahas seputar daftar peralatan dan bahan kerja konstruksi bangunan apa saja yang biasa diperlukan. Dengan begini anda bisa menyiapkan peralatan-peralatan ini sedari awal pengerjaan.

Daftar Peralatan Kerja Konstruksi

1. Tower Crane

2. Mobile Crane

3. Passenger Hoist

4. Genset
5. Pompa Air & Tandon Air
6. Excavator
7. Dump Truck
8. Truck Tronton
9. Mobil Pick Up
10. Theodolite
11. Waterpass
12. Scafolding
13. Air Compressor
14. Concrete Vibrator
15. Bar Bender
16. Bar Cutter
17. Mesin Las

Daftar Bahan-bahan Kerja Konstruksi

Nah, yang selanjutnya adalah pemenuhan kebutuhan bahan kerja konstruksi. Kebutuhan bahan baku konstruksi ini tidak bisa diprediksi apa saja yang akan dibutuhkan, karena setiap pembangunan akan membutuhkan bahan yang berbeda-beda, baik itu untuk pembangunan sebuah gedung, jembatan, atau jalan. Jika anda hendak memesan bahan-bahan material untuk mendukung kebutuhan pembangunan konstruksi, anda harus melakukan banyak pertimbangan. Yang meliputi:

  1. Melakukan identifikasi terhadap jenis dan jumlah bahan bangunan yang dibutuhkan. Pemesanan suatu bahan dimulai dari pemilihan bahan beserta spesifikasinya, jika sudah barulah memperhitungkan jumlah kebutuhan bangunan sesuai dengan rencana pekerjaan.
  2. Mempertimbangkan kualitas dari bahan bangunan sesuai dengan supplier yang dikenal oleh kontraktor
  3. Total budget pembangunan yang dimiliki oleh customer. Budget ini akan menjadi pertimbangan besar oleh kontraktor dalam pemilihan bahan bangunan, jumlah tenaga kerja, dan aspek kualitas hasil konstruksi yang diperoleh nanti.
  4. Untuk anda yang sedang melakukan pembangunan konstruksi dengan bahan material beton, kami menawarkan produk beton precast bermutu dengan harga jual yang murah. Tersedia produk u ditch, kanstin, box culvert, road barrier beton, dan lain sebagainya yang dapat Anda pesan.

 

Rumus Cara Menghitung Volume Kanstin Beton

Rumus Cara Menghitung Volume Kanstin Beton

Pemanfaatan kanstin di jalan sebagai paving block sudah bukan hal asing lagi. Bahkan hampir semua jalanan di Indonesia telah memanfaatkan kanstin sebagai tepi badan jalan agar lebih rapi dan aman.

Tidak hanya digunakan untuk pembangunan jalan, kanstin juga bisa dimanfaatkan di area lingkungan sekolah, bangunan gedung, alun-alun, taman kota dan lain sebagainya. Memanfaatkan jalan dengan paving block memberikan keunggulan dalam pengerjaan yang cepat, jalan tidak licin, dan dapat menyerap air dengan sempurna.

Kanstin memiliki 2 jenis berdasarkan proses produksinya, yakni: cetak basah dan cetak kering. Kedua jenis kanstin ini memiliki perbedaan yang tampak dari hasil produksi. Kanstin yang dicetak dengan proses basah memiliki permukaan yang halus rapi, sementara cetak kering permukaannya lebih berpori. Tapi bila dilihat dari segi kekuatannya, kedua jenis kanstin ini sama.

 

 

Kanstin terdiri dari berbagai ukuran dan tipe yang dapat anda pesan sesuai kebutuhan. Bentuk-bentuk kanstin yang dijual oleh PT. Megacon Bangun Perkasa adalah kanstin taman, kanstin trotoar, kanstin S, kanstin car stopper, kanstin lubang air, kanstin jepit, dan kanstin DKI. Sementara ukuran kanstin beton tersedia dari dimensi 40 cm sampai 60 cm.

Bagaimana cara menghitung volumen kanstin beton?

 

 

Pengaplikasian kanstin pada area proyek harus disesuaikan dengan jenis yang dibutuhkan. Menggunakan kanstin yang tidak sesuai dengan kebutuhan tidak hanya kurang enak dipandang, tapi bisa berakibat bahaya tergantung pemanfaatannya.

Uraian ringkasnya, jalanan yang biasa dilewati oleh angkutan besar sebaiknya menggunakan kanstin berukuran besar pula, karena kekuatannya tentu akan berbeda dari kanstin kecil dengan kanstin besar.

Megacon Bangun Perkasa menawarkan produk kanstin beton dengan kualitas mutu terjamin. Kanstin dijual dengan harga yang variatif tergantung dari mutu kualitas beton, bentuk / ukuran, dan jumlah pembelian.

Untuk menghitung keperluan jalan paving, kita bisa menghitung kebutuhan ini sendiri dengan mudah. Misalnya: anda hendak membangun jalan dengan panjang 200 m, lebar 1,3 m, serta ditambah dengan kanstin jepit kanan kiri. Maka perhitungan kebutuhannya yaitu 1,5 m untuk paving dan yang 0,3 m untuk kanstin kanan kiri.

 

No Jenis Pekerjaan Sketsa & Perhitungan  Volume
Satuan
A Paving Block ( t = 6 Cm ), urugan 5 cm 200×1 200,00 m2
B List Batu bata 1 : 4 200×0,2×2 80,00 m2
C Plesteran List bata 1 : 4 200×0,2×2 80,00 m2
E Galian Tanah Kansteen 2x(0,15×0,2×200) 12,00 m3

 

Dengan begitu kita sudah mendapatkan rumus menghitung volume kanstin beton untuk jalan sepanjang 200 m dan lebar 1,3 m sesuai paparan diatas tadi. Jika anda masih kesulitan dalam melakukan perhitungan volume kanstin beton ini, hubungi saja kami. Anda dapat berkonsultasi langsung mengenai kebutuhan kanstin jalan dan kami senantiasa akan menghitung jumlah kebutuhan anda tersebut dengan cermat.

Karakteristik Beton Pracetak untuk Pembangunan

Dulu para kontraktor menggunakan cara konvensional untuk membangun gedung ataupun jembatan. Semua proses pembuatan material konstruksi dilakukan dilapangan sehingga membutuhkan banyak waktu dan tenaga kerja.

Tapi seiring perkembangan zaman, cara konvensional seperti ini sudah mulai ditinggalkan. Semua proses pengerjaan menjadi sangat praktis karena perusahaan semakin cerdas dalam memproduksi bahan materialnya. Para kontraktor juga lebih menyukai menggunakan beton precast yang dibuat dari pabrik karena pekerjaannya mudah serta mutu kualitas yang dihasilkan terjamin.

 

 

Biasanya, beton precast digunakan untuk pembangunan proyek dalam skala yang besar, contohnya saja untuk pembangunan gedung, jembatan, jalan, dan lain sebagainya. Untuk kebutuhan pembuatan gedung, beton precast yang dibutuhkan yakni pada bagian balok, kolom, dinding, dan lantai. Sedangkan untuk keperluan jembatan, beton precast yang dibutuhkan biasanya adalah tiang pancang, box culvert, gorong-gorong beton, dan lain sebagainya.

Proses Produksi Beton Precast / Pracetak

 

 

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa produk beton precast ini diproduksi langsung pada pabrik. Proses pembuatannya yaitu dengan membentuk bagian-bagian yang berupa semen, agregat, baja, air, dan elemen lainnya sesuai dengan kebutuhan cetak beton.

Bahkan ada beberapa produk beton precast yang dapat di buat sesuai dengan pesanan konsumen. Karena terkadang, kondisi lokasi kontruksi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Bukan cuma bentuk dari beton saja yang bisa di pesan secara custom, tapi kualitas atas mutu beton dapat disesuaikan campurannya.

 

 

Untuk sistem produksi beton precast, pemilihan material pembentuknya harus di perhatikan dengan baik. Jika kriteria campuran beton dilakukan sembarangan, otomatis mutu beton yang dihasilkan pun tidak baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatan material beton, diantaranya:

  1. Ketahanan beton terhadap korosi
  2. Ketahanan beton terhadap kondisi mekanis
  3. Hasil finishing permukaan beton yang sempurna

Beton precast yang diproduksi dengan baik, dapat meningkatkan kerataan permukaan dan presisinya dalam perakitan. Maka dari itu, beton yang diproduksi dalam pabrik harus dipastikan mendapat kontrol kualitas terjamin yang bersertifikat. Apalagi jika produk beton precast tersebut akan diaplikasikan pada proyek berskala nasional. Kualitas adalah hal utama yang harus diperhatikan pihak pabrik.

 

Setelah material beton diproduksi dengan kontrol yang ketat, beton yang sudah jadi akan disimpan sampai siap dikirimkan ke lokasi proyek. Beton yang produksinya berupa potongan-potongan sesuai presisi yang tepat dibawa alat angkut sehingga mudah untuk dirangkit. Hal ini pula yang menjadikan proses pekerjaan konstruksi lebih mudah.

Megacon Bangun Perkasa dapat menerima pesanan produk beton precast apapun sesuai kebutuhan anda. Seperti keperluan tiang pancang, pagar panel beton, u ditch, maupun gorong-gorong beton. Jadi anda tak perlu khawatir dalam memenuhi kebutuhan konstruksi berbahan beton ini.

Desain & Standar Perencanaan Box Culvert Untuk Jembatan

Desain & Standar Perencanaan Box Culvert Untuk Jembatan

Box culvert merupakan produk dari beton yang dicetak di pabrik / precast, dimana ukurannya telah ditentukan dengan bentuk kotak dan persegi. Manfaat box culvert dalam dunia konstruksi sendiri adalah sebagai saluran drainase terutama yang sistemnya tertanam, istilah lain dari box culvert ini adalah gorong-gorong beton.

Produk box culvert pracetak ini banyak dijadikan pilihan di area konstruksi pembangunan sebab banyak kelebihan yang ia miliki. Adanya beragam bentuk dan jenis beton pracetak juga membuat customer lebih mudah dalam memilih produk beton sesuai kebutuhan konstruksi.

 

 

Kala ini, desain box culvert tidak lagi melulu berbentuk kotak dan persegi. Kini ada box culvert yang dibuat dengan bentuk trapesium bahkan lingkaran sesuai dengan permintaan kebutuhan. Ukuran dimensinya pun telah diperkirakan oleh pihak pabrik sesuai dengan debit air yang mengalir.

Box culvert disusun oleh campuran material baja, chlorida (PVC), polyvinyl, dan material pembuatan beton pada umumnya seperti semen, baja, dan agregat. Dalam pembuatannya, box culvert telah dilengkapi dengan sambungan socket dan spigot yang berbentuk seperti pipa agar ia dapat disambung dengan box culvert lainnya.

Standar Perencanaan Pemasangan Box Culvert Jembatan

 

Proses pemasangan box culvert terbilang mudah, pemasangannya ini simpel dan tidak sebanding dengan produk-produk beton lain yang dicor ditempat. Langkah pertama adalah dengan menggali lahan pada area yang hendak dipasang box culvert sesuai kebutuhan. Kemudian dilakukan pelapisan tanah dengan material yang tidak kasar. Pemilihan material ini berguna untuk menghindari pergeseran tanah yang mungkin akan terjadi.

Jika sudah, proses selanjutnya yaitu melakukan pemasangan box culvert pada bagian yang sudah dilapisi, disusun secara rapi setiap box nya. Dalam pemasangan ini anda bisa menggunakan bantuan alat berat agar box culvert dapat ditempatkan sesuai ketinggian, kelurusan, sampai kemiringannya. Proses konstruksi berikutnya yaitu dengan melakukan penyambungan box culvert satu dengan yang lainnya. Kemudian baru lakukan pengurukan kembali.

 

 

Setelah membahas topik mengenai pengertian serta standar perencanaan pemasangan box culvert, ternyata box culvert memiliki banyak  manfaat lain. Berikut adalah manfaat box culvert pada area konstruksi:

  1. Box culvert merupakan material beton yang bisa digunakan untuk area konstruksi bawah tanah, jadi tidak hanya berguna sebagai saluran air drainase.
  2. Material box culvert kedap terhadap air tanah, ia sangat cocok digunakan pada konstruksi bawah tanah terutama sebagai saluran air
  3. Menggunakan box culvert juga akan mempercepat proses kerja konstruksi, karena box culvert termasuk produk beton precast yang siap pakai.

Sekian pembahasan mengenai produk box culvert ini, jika anda membutuhkan produk box culvert precast dengan harga termurah, perusahaan kami siap melayani Anda. Hubungi kami untuk dapatkan informasi lengkap pemesanan.

 

 

 

 

Proses Pembuatan Panel Dinding Beton Pracetak

Proses Pembuatan Panel Dinding Beton Pracetak

Menggunakan pagar berbahan beton sebagai pembatas kavling merupakan langkah tepat untuk memberikan keamanan yang kuat. Meskipun kebanyakan orang lebih memilih menggunakan pagar berbahan besi dan kayu, tapi ternyata pagar berbahan beton memiliki keunggulan yang justru tidak dimiliki oleh keduanya. Pagar beton lebih mudah dan cepat dalam pemasangan, tidak akan lapuk atau berkarat, dan sangat kuat walau saat itu terjadi bencana alam seperti gempa bumi sekalipun.

Pagar panel dinding beton di cetak dipabrik, bentuknya seperti panel. Jika dibawa ke lokasi  konstruksi maka yang perlu dilakukan hanyalah menggabungkan panel-panel beton tersebut dengan bantuan daun panel, tiang kolom beton, serta panel caping atau penutup (tergantung pagar panel dinding seperti apa yang dibutuhkan).

 

 

Nah, berikut adalam pembahasan lebih detail mengenai proses pembuatan panel dinding beton pracetak:

 

  1. Melakukan pengukuran pada titik tiang kolom

Proses pembuatan panel dinding beton diawali dengan mengukur peletakan kolom menggunakan bowplank. Jarak yang dibuat akan disesuaikan berdasar panjang panel yang diinginkan. Contohnya: jika pagar berukuran 240 x 40 x 5 cm dengan tinggi 160 cm maka penggunaan kolom yang dianjurkan adalah 225 x 18 x 19 cm. Menghitung jarak antar tiang kolom dilakukan dengan cara 240 + (18/2) = 249 cm. Nah, dianjurkan untuk membuat bowplank atau kayu patok setiap panjang 249 cm nya nanti.

 

  1. Galian panel dinding kolom beton

Jika sudah menemukan panjang tiap titik kolom, maka anda dapat langsung membuat galian dengan diameter sesuai yang disyarakat pabrik. Untuk pagar beton, biasanya menggunakan diameter 30 cm dengan 50 cm standarnya. Galian ini dibuat pada tiap-tiap bowplank.

 

  1. Melakukan pemasangan pondasi

Untuk membuat pondasi langkah awal yang dilakukan adalah dengan menancapkan logam pengaku dari bahan metal yang telah tergalvanis sebagai perkuatan. Pastikan untuk meletakan logam pengaku ini benar-benar ditengah agar tertancap pada lubang kolom secara tepat. Anda bisa menggunakan waterpass untuk membantunya tetap lurus. Kemudian berikan adukan agregat sampai dengan ketinggian yang diinginkan. Tunggu sampai pondasi mengeras.

 

  1. Pemasangan tiang kolom beton

Pada proses ini panel kolom diletakkan sesuai dengan tiang logam yang telah dibuat pada perkuatan kolom tadi. Biasanya pada logam juga bisa diberikan siku agar peletakan tiang kolom dapat ditengah ketika dimasukkan. Selanjutnya adalah mengisi agregat beton pada lubang kolom dan dilakukan pemasangan panel.

 

  1. Proses pemasangan daun panel beton

Langkah selanjutnya yakni memasang pagar panel beton, proses pemasangan yang dilakukan hampir sama dengan kolom beton diatas. Panel diletakkan pada sisi kolom yang berbentuk huruf I.

 

 

  1. Pemasangan caping jika diperlukan

Ketika bagian tengah kolom diberi adukan agregat maka agregat di isi sampai melebihi kolom sebagai bantalan dan penyambung penutup dengan kolom beton. Caping ini berguna sebagai penyambung kolom dengan panel.

 

  1. Grouting

Jika bagian-bagian panel sudah terpasang, maka kini anda dapat memberikan lapisan grouting pada bagian yang kurang sempurna. Lapisan yang dibuat ini tersusun dari campuran air, semen, pasir atau abu bata.

 

  1. Memberikan lapisan

Proses  pelapisan yang dilakukan ini yaitu untuk memperbaiki bagian yang kurang sempurna selesai dan semen telah kering. Anda pun dapat memberikan lapisan cat sesuai keinginan agar pagar pagel dinding terlihat menarik. Pelapisan seperti ini juga berguna agar pagar panel terpasang aman pada perubahan cuaca.

 

Jika semua tahap telah dilaksanakan, proses pembuatan panel dinding beton pracetak telah selesai.

Perencanaan Konstruksi Gorong-gorong Beton Bertulang

Perencanaan Konstruksi Gorong-gorong Beton Bertulang

Gorong-gorong beton bertulang merupakan produk beton precast yang berbentuk bulat dengan lubang dibagian dalamnya dan tersedia berbagai ukuran. Gorong-gorong beton ini sering disebut sebagai renforced concrete pipe dan dimanfaatkan untuk gorong-gorong.

Gorong-gorong beton precast dibuat langsung dari pabrik dan ada juga yang di kerjakan cor ditempat konstruksi. RCP yang dibuat di dalam pabrik, dapat di cor dengan kontrol kualitas terbaik dengan bentuk yang seperti pipa. Tapi ada juga gorong-gorong beton yang dicetak dengan bentuk persegi atau trapesium. Dimensinya berbeda-beda, tergantung dari jumlah debit air yang akan dilalui oleh pipa.

Keuntungan menggunakan gorong-gorong beton bertulang dalam area konstruksi, yaitu:

  1. Harga yang murah dibanding material konstruksi lain
  2. Proses pemasangannya yang efisien dan mudah karena tinggal pasang
  3. Durabilitas yang dimiliki beton tinggi, bisa lebih dari 25 tahun
  4. Jika gorong-gorong beton ini sudah tidak digunakan, bisa dicopot dan pasang diarea konstruksi lain

 

Perencanaan Konstruksi Gorong-gorong Beton Bertulang

 

 

Konstruksi gorong-gorong banyak dibangun ketika menjelang musim penghujan, sebab ia digunakan sebagai saluran air pembuangan. Selain digunakan untuk saluran pembuangan, gorong-gorong bisa dijadikan saluran drainase atau bahkan selokan jalan. Gorong-gorong beton cocok sekali digunakan pada saluran air bawah tanah di kota-kota besar dalam mengatasi banjir. Selain menggunakan pipa beton bertulang, biasanya saluran air bisa menggunakan u ditch dan box culvert tergantung kondisi lingkungannya.

 

Dalam proses pembuatannya, gorong-gorong beton bertulang memerlukan bahan baku berikut ini:

  1. Air
  2. Agregat pasir dan kerikil
  3. Semen
  4. Cetakan

Proses cetak gorong-gorong yang dilakukan pada wilayah pabrik beton:

  1. Mencampurkan semua bahan semen, agregat pasir, agregat kerikil dengan komposisi yang sudah ditentukan sehingga menghasilkan kekuatan beton sesuai standar. Proses pencampuran ini membutuhkan bantuan air agar dapat dipastikan tercampur maksimal.
  2. Menyiapkan cetakan RCP sesuai dengan kebutuhan, baik dimensi ataupun bentuknya. Cetakan yang digunakan terbuat dari besi yang sudah dilumuri oli bekas.
  3. Setelah campuran beton telah tercampur rata, dan cetakan sudah siap untuk dikeringkan. Setidaknya butuh waktu sekitar 5 hari untuk membuat cetakan beton kering sempurna.

 

Keunggulan RCP ini adalah pada kekuatannya dalam menahan beban dan tekanan air. Di segala wilayah konstruksi, pipa RCP ini tergolong sangat kuat dan dapat bertahan dalam waktu lama.